Pola Makan di Musim Semi

Posted: May 12, 2017 in Nutrition and Health
Tags: , , , , , , , ,

Terdapat beberapa alasan mengapa kita memiliki preferensi tertentu di suatu musim, misalnya kita cenderung mengkonsumsi aneka salad segar di musim semi, aneka buah-buahan dan sumber karbohidrat di musim panas, dan makanan yang hangat dan ringan di musim gugur dan musim dingin. Selain karena manfaat dari mengkonsumsi makanan tersebut yang sesuai dengan kebutuhan tubuh pada musim tertentu, Allah SWT lah yang sudah menyesuaikan antara apa yang tersedia dengan apa yang dibutuhkan.

Ahli gizi Marissa Lippert, MS, RD menyebutkan bahwa dari sudut pandang antropologis, pada saat musim semi tiba, tubuh kita secara alami ingin mengurangi lapisan lemak ekstra yang terbentuk pada saat musim dingin. Maka pada saat musim semi jenis makanan yang banyak kita temukan dan kita konsumsi adalah sayur dan buah-buahan yang dapat mendukung penurunan komposisi lemak di tubuh. Senada dengan konsep tersebut, Dr. Susan Blum, MD, MPH yang merupakan pendiri dari Blum Center for Health dan juga penulis The Immune System Recovery Plan memaparkan bahwa jika kita mengonsumsi makanan dengan mengikuti pola ritme musim dimana pada musim semi adalah waktunya mengkonsumsi makanan-makanan yang “membersihkan” tubuh seperti buah dan sayur dapat membantu dalam menjaga keseimbangan tubuh. Hal ini sudah menjadi tradisi Ayurveda sejak 5000 tahun yang lalu sebelum adanya penelitian-penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari Barat.

Lebih lanjut lagi dipaparkan bahwa, pada saat musim dingin, tubuh kita telah banyak mengkonsumsi sumber protein dan lemak. Pola konsumsi demikian menyebabkan cadangan antioksidan yang digunakan pada saat pembersihan tubuh oleh hati berkurang. Saat musim semi merupakan saat dimana masa panen dari sayuran hijau, sayuran yang kaya antioksidan termasuk juga buah-buahan dipanen. Oleh karena itu, beralih ke pola konsumsi tinggi sayur dan buah pada musim semi adalah waktu yang tepat untuk mengurangi komposisi lemak dan membantu pembersihan tubuh oleh hati. Mulailah mengkonsumsi aneka buah dan sayur yang tersedia banyak di musim semi. Secangkir salad dengan beraneka kombinasi sayur sesuai selera dapat menjadi rekomendasi yang mudah diterapkan pada setiap waktu makan utama. Tidak lupa menambahkan aneka herbal dan minyak zaitun untuk melengkapi sajian salad yang sehat. Dapat juga mencampurkan sumber protein tanpa lemak, kenari, kulit lemon, daun mint, dan keju parmesan dalam salad yang hendak dikonsumsi bersama keluarga. Selamat mencoba!

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s