16 Tips Kesehatan 2016

Posted: November 4, 2016 in Nutrition and Health
Tags: , , , , , ,

Mumpung kita masih berada di tahun 2016, tidak ada salahnya untuk mewujudkan target untuk hidup lebih sehat. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hidup lebih sehat di tahun 2016.

1. Sarapan setiap pagi

“Eat Breakfast Like a King, Lunch Like a Prince, and Dinner Like a Pauper”

Awali hari dengan mengkonsumsi sarapan yang mencakup protein, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Beberapa makanan yang bias dicoba antara lain burrito dengan orak-arik telur, keju rendah lemak, salsa dan tortilla gandum atau parfait dengan yogurt rendah lemak, buah dan sereal gandum.

2. Penuhi separuh dari piring dengan sayur dan buah

Buah-buahan dan sayuran memberi warna, rasa dan tekstur dan mengandung zat gizi berupa vitamin, mineral dan serat. Cobalah untuk mentargetkan 2 cangkir buah dan 2 ½ cangkir sayuran dalam sehari. Lakukan eksperimen dengan berbagai jenis sayur dan buah, termasuk sayur segar, beku dan kalengan.

3. Perhatikan porsi makanan

Buah-buahan dan sayuran menambah warna, rasa dan tekstur ditambah vitamin, mineral dan serat ke piring. Konsumsi 2 cangkir buah dan 2 ½ cangkir sayuran sebagai target harian. Bereksperimenlah dengan berbagai jenis, termasuk segar, beku dan kalengan.

4. Bergerak Lebih Aktif

Aktifitas fisik secara teratur memberi banyak manfaar untuk kesehatan. Mulailah dengan bergerak minimal 10 menit dalam satu waktu. Anak-anak dan remaja minimal melakukan aktifitas fisik setidaknya 60 menit sehari, sedangkan orang dewasa minimal 30 menit sehari. Tidak harus pergi ke gym, menggerakan kaki saat menonton TV dengan irama teratur atau melempar dan menangkap boleh bisa menjadi pilihan sederhana yang bias dicoba.

5. Perbaiki Konsumsi Snack

Konsumilah snack atau makanan ringan yang sehat untuk dapat mempertahankan jumlah energi tubuh Pilih antara waktu makan, seperti jam 9-10 AM dan 3-4 PM. Pilih dari dua atau lebih dari kelompok MyPlate (panduan makan dari asosiasi profesi ahli gizi di Amerika Serikat), yaitu makanan: biji-bijian, buah-buahan, sayuran, susu, dan protein. Coba sayuran mentah ditambah keju cottage rendah lemak, atau satu sendok makan selai kacang dengan apel atau pisang.

6. Pelajari Label Gizi Pada Kemasan Makanan

Dengan membaca label gizi pada kemasan makanan membantu untuk berbelanja makanan dan minuman dengan lebih bijak dan sehat.

7. Berkonsultasi dengan ahli gizi atau dietisien

Jika ingin menurunkan atau menaikkan berat badan, atau menurunkan resiko penyakit tertentu karena memiliki riwayat penyakit dari keluarga , maka datanglah ke ahli gizi atau dietisien untuk berkonsultasi. Ahli gizi atau dietisien dapat membantu untuk memberikan saran gizi dan perencanaan makanan yang mudah dan bersifat personal yang telah disesuaikan dengan kondisi tubuh setiap orang.

8. Ikuti petunjuk keamanan makanan

Turunkan peluang untuk sakit dengan mengikuti petunjuk keamanan makanan (food safety guidelines). Petunjuk keamanan makanan meliputi, mencuci tangan teratur, memisahkan makanan mentah dan matang, memasak makanan dengan suhu yang sesuai dengan menggunakan termometer, memasukkan makanan ke kulkas segera untuk menurunkan kecepatan perkembangbiakan bakteri. Informasi lebih lanjut kunjungi website www.homefoodsafety.org.

9. Memasak

Mempersiapkan makanan di rumah lebih sehat, bermanfaat, dan hemat. Putuskan untuk mempelajari dasar-dasar memasak dan beberapa masakan sederhana. Kunjungi www.eatright.org/howdoi untuk mempelajari bagaimana mengawalinya.

10. Makan malam di luar tanpa melupakan target kesehatan

Kita dapat makan di luar namun tetap taat pada rencana dan target kesehatan. Kuncinya adalah perencanaan, bertanya, dan memilih makanan yang dipesan dengan hati-hati. Bandingkan zat gizi yang terdapat pada makanan berdasarkan informasi yang telah dikumpulkan, Jika tersedia, pilihlah makanan yang dipanggang, direbus, dan dikukus.

 

d

11. Jadwalkan Waktu Makan Sekeluarga

Rencanakan waktu makan bersama keluarga beberapa kali dalam seminggu. Matikan TV, telepon genggam, dan peralatan elektronik lain sehingga tercipta bincang-bincang santai saat makan bersama keluarga. Ajak anak-anak untuk merencankana menu makan dan memasak bersama. Gunakan waktu tersebut untuk mengajarkan mereka tentang gizi pada makanan.

12. Atasi kebosanan Saat Pertemuan Makan

Untuk mengatasi kebosanan saat pertemuan makan di sekolah maupun kantor, buat beberapa ide menarik saat acara makan whole-wheat pita pocket dengan sayur dan hummus. Sayuran rendah garam & whole grain crackers, salad berisi mixed greens dengan low-fat dressing dan telur.

13. Minum lebih banyak

Jika dahaga menyerang minumlah air putih bukan minuman manis. Tetap terhidrasi dengan baik dengan minum banyak air terutama jika Anda lebih aktif, tinggal atau bekerja di tempat yang kondisi panas, atau manula.

14. Jelajahi makanan dan citarasa yang berbeda

Nikmati dan lengkapi gizi dengan mengkonsumsi aneka ragam makanan. Ketika berbelanja pilih buah dan sayur serta golongan kacang-kacangan yang berbeda dari makanan yang biasa dibeli. Coba versi berbeda dari makanan yang lazim, seperti asparagus ungu, apel Honeycrisp, broccoflower, dan quinoa.

15. Makan seafood 2x per minggu

Seafood seperti ikan dan kerang berisi zat gizi yang baik seperti asam lemak omega 3. Selain itu, trout, tiram, dan sarden merupakan sumber omega 3 yang tinggi dan rendah merkuri.

16. Kurangi konsumsi gula

Makanan dan minuman dengan gula tambahan sebaiknya dikurangi. Perhatikan komposisi bahan makanan atau minuman yang terdapat di label kemasan. Kunjungi http://www.choosemyplate.gov untuk informasi lebih lanjut.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s