Panduan Sehat Untuk Berpuasa Selama Ramadhan

Posted: June 13, 2016 in Nutrition and Health
Tags: , , , ,

 Screen Shot 2016-06-12 at 11.47.33 PM.pngJangan berbuka puasa seperti pesta karena dapat menambah berat badan bukannya kehilangan berat badan. Jika Anda tidak berhati-hati, makanan yang dimakan selama sahur dan berbuka dapat menyebabkan beberapa penambahan berat badan.Dr. Razeen Mahroof, ahli anestesi dari Oxford, mengatakan berpuasa selama jam non-puasa bisa menjadikan badan tidak sehat. Dr. Mahroof merekomendasikan puasa dengan disiplin dapat menjadi kesempatan untuk menurunkan berat badan dengan lebih sehat. “Pesan yang mendasari di balik Ramadhan adalah disiplin diri dan pengendalian diri,” katanya dan “ini seharusnya tidak berhenti pada saat bulan puasa berakhir.”

Diet seimbang

diet-seimbang-300x240Peneliti mengamati orang yang berpuasa dimana orang yang berpuasa harus makan besar minimal dua kali sehari, yaitu makan pra-fajar  (sahur) dan makan di senja (Iftar).

Dr Mahroof mengatakan asupan makanan harus sederhana dan tidak berbeda serta terlalu banyak dari makanan yang dimakan sehari-hari.

Komposisi menu sebaiknya berisi makanan dari semua kelompok makanan antara lain:

  • Buah dan sayur-sayuran
  • Roti, sereal dan kentang
  • Daging, ikan atau alternatif susu dan produk susu
  • Makanan yang mengandung lemak dan gula

Panduan Menu Sahur

sahur.jpgKarbohidrat kompleks adalah makanan yang membantu melepaskan energi secara perlahan selama berjam-jam puasa. Sumber dari karbohidrat kompleks dapat  ditemukan dalam makanan seperti barley, gandum, oat, millet, semolina, kacang-kacangan, lentil, tepung gandum dan beras. Makanan yang kaya serat juga dicerna perlahan dan termasuk barley, sereal, gandum, biji-bijian dan biji, kentang dengan kulit, sayuran seperti kacang hijau, dan hampir semua buah, termasuk aprikot, plum dan buah ara.

Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang cepat terbakar, makanan yang berat dicerna terutama yang berisi karbohidrat olahan (gula dan tepung putih), serta makanan berlemak (seperti kue, biskuit, cokelat dan permen seperti mithai dari India).

Hindari minuman berbasis kafein seperti teh, kopi dan cola. Kafein adalah diuretik dan merangsang kehilangan air lebih cepat melalui buang air kecil. Minuman seperti ini dapat menyebabkan rasa haus yang cepat.

Sahur harus berupa makanan sehat dan makan yang padat energi sehingga dapat memberikan energi yang cukup selama berjam-jam. “Sahur harus makanan yang ringan dan termasuk makanan yang lambat dicerna seperti roti, salad, sereal (terutama gandum) atau roti panggang, sehingga tubuh mengeluarkan energy secara konstan.” kata Dr. Mahroof.

Panduan Menu Berbuka

Cara-Yang-Sehat-Berbuka-Puasa.png“Sangat penting untuk mengkonsumsi makanan yang tinggi cairan dan sumber vitamin, seperti jus buah atau buah. Beberapa orang bahkan mengkonsumsi minuman isotonik (seperti Lucozade) untuk mengganti elektrolit yang hilang. “Umat Islam juga dianjurkan untuk berbuka puasa (Iftar) dengan beberapa buah kurma, sesuai dengan sunat Nabi Muhammad SAW. Kurma akan memberikan ledakan energi. Selain kurma, jus buah juga akan memiliki sejenis efek revitalisasi dan menyegarkan. Mulailah dengan minum banyak air yang membantu rehidrasi dan mengurangi kemungkinan berlebihan. Hindari makanan yang berat untuk berbuka puasa.

Makanan yang harus dihindari saat berbuka:

  • Makanan yang digoreng – seperti pakoras, samosa dan pangsit goreng
  • Makanan yang tinggi gula, termasuk permen seperti gulab jamun, rasgulla dan balushahi
  • Tinggi lemak makanan, seperti paratha, kari berminyak dan kue-kue berminyak

Alternatif yang sehat untuk berbuka:

  • Samosa panggang dan pangsit rebus
  • Chapattis dibuat tanpa minyak
  • Daging panggang dan ayam
  • Kue buatan sendiri dengan berbasis susu dan puding, seperti rasmalai dan barfee

Selamat menjalankan ibadah puasa. Terus terapkan pola hidup sehat ya! =)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s