Pulang ke Tanah Air (End) #41

Posted: March 18, 2014 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , ,

CIMG2200Akhirnya pulang juga. Setelah  40 hari kebersamaan kami di tanah suci. Suka dan duka silih berganti. Namun terasa manis sekali. Indah untuk dikenang dan indah untuk diulang. Kami berangkat ke Bandara International  King Abdul Aziz. Ternyata tidak sesimpel yang saya bayangkan seperti perjalanan saat berangkat. Rumit, lama, dan melelahkan. Saat turun dari bus kami sudah disambut antrian pemeriksaan yang panjang. Pengecekan visa dan passport. Antrian pengambilan Al-Quran, hadiah dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Kemudian masih dilanjutkan dengan pengecekan tas dengan alat scan yang biasa terdapat di bandara. Berjalan lagi menuju suatu loket yang memberikan stempel kepulangan dengan petugas bea dan cukai.Setelah di ruang tunggu kami tidak bisa tenang karena ternyata masih ada ruang tunggu lain yang jaraknya sekitar 2 Km. Saya tidak habis pikir kenapa tidak disediakan eskalator yang datar. Sejauh itu, untuk saya sih tidak masalah, bagi yang lansia, dengan membawa tas tenteng, bukan hal yang ringan.

Waktu sudah memasuki sholat shubuh. Akhirnya setelah tayamum karena toilet yang jauh dan kami juga dihantui ketidakpastian jam berapa kami bisa masuk ke ruang tunggu terakhir, kami pun sholat shubuh dengan keadaan lelah dan semampunya.

Setelah sarapan, satu persatu dari kami melalui serangkaian pemeriksaan. Masuk ke sebuah ruangan, kemudian tidak hanya scan tapi juga disentuh. Tentu saja ruangan pria dan wanita dipisah, begitu pula dengan petugasnya, petugas pria memeriksa penumpang pria dan begitu pula pada wanita.

Masuk di ruang tunggu ternyata tidak sebentar. Pun menunggu pesawatnya untuk bisa masuk boarding. Alhamdulillah, tas saya dan mama tidak digeledah. Ada yang nekad membawa air zam-zam melebihi kapasitas. Seperti jirigen minyak 5L lalu dibungkus plastik bening dan di laminating. Barang-barang tersebut langsung dirampas pihak bandara. Begitu pula gunting, potongan kuku, pisau dapur, dan barang-barang tajam lainnya.  Kami take off jam 11.10 siang waktu setempat.

CIMG2235Sampai di pesawat hawa dingin menyeregap. Perjalanan kami bisa diamati perkembangannya melalui sebuah TV yang tertempel di dinding bagian depan dari kursi penumpang. Perjalanan membutuhkan waktu sekitar 10 Jam. Kita bebas minta kopi dan teh. Makan besar disediakan 2 kali kemudian snack sekali.Sampai di Bandara International Juanda pukul 21.30 WIB. Antrian pertama adalah antrian bus dari pesawat menuju bandara. Tanpa melalui pemeriksaan bus kami langsung menuju ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Di Sukolilo, ternyata juga tidak sebentar. Pengeecekan passport dan visa. Setiap jama’ah dipanggil satu persatu. Proses tersebut berlangsung kurang lebih 3 jam. 1 persatu jama’ah dipanggil ke depan. Waktu shubuh tiba, kami sholat berjama’ah dan memperoleh sedikit kultum dari Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI). Setelah itu satu persatu dari kami menuju ruang barang untuk mengambil tas besar. CIMG2252

Di luar om dan mbah kakung sudah setia menunggu di mobil sejak tengah malam. Tidak terbayangkan betapa lamanya mereka menunggu sejak kami menghubungi mereka melalui telepon bahwa kami sudah mendarat di bandara international Juanda jam 11.30 tadi malam. Ah, keluarga memang orang yang paling mengerti dan memaklumi. Sampai ada lagunya, “harta yang paling berharga adalah keluarga…. ” (OST. Keluarga Cemara)🙂

Berakhir sudah perjalanan saya selama 40 hari di tanah suci dalam menjalankan ibadah haji. Terima kasih kepada Allah SWT, doa keluarga, sahabat, dan kerabat. Tak lupa teman-teman yang setia blog walking sejak tahun 2012. Mohon maaf atas keterlambatan saya dalam menyelesaikan cerita di blog ini. Semoga apa yang saya tulis selama ini dapat bermanfaat, memotivasi kawan-kawan blogger untuk segera menginjakkan kaki dan merasakan nikmatnya beribadah di tanah suci (minimal umroh lah,hehe, haji memang lama sekali antrinya sekarang, dimaklumi). Rezeki itu milih Allah dan kepadaNyalah kembali segala apa yang kita miliki. Jika ada yang ingin di sharing kan bisa melalui blog ini atau melalui email, twitter, dan facebook saya.

Jazakumullah khoiron katsiro….

Wassalmualaykum Wr.Wb

Malang, 18 Maret 2014

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s