Meninggalkan Kota Mekkah menuju Kota Jeddah #39

Posted: March 18, 2014 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , ,

CIMG2106Pagi ini seluruh barang jama’ah haji yang pulang ke tanah air besok harus sudah dimasukkan ke dalam tas. Hanya ada 2 tas yang boleh dibawa dan tas tersebut adalah tas yang diberikan resmi dari Depag RI. Salah satunya besar dan yang lainnya yang berukuran sedang. Kami malam ini akan berangkat menuju Kota Jeddah untuk pulang ke tanah air besok malam. Suasana pagi ini cukup ramai karena diadakan penimbangan. Barang siapa melebihi kapasitas (3o Kg) maka harus membayar sejumlah uang sesuai kelebihan muatannya. Alhamdulillah tas saya dan mama sama-sama memiliki berat kurang dari 30 Kg. Saya memang agak cerewet ke mama untuk selektif membeli barang-barang yang notabenenya adalah buah tangan. Hanya orang-orang tertentu yang memang memperoleh buah tangan yang kami beli di Mekkah atau Madinah karena sebagian besar buah tangan sudah kami beli jauh hari saat sebelum keberangkatan di Pasar Arab Surabaya.  Setiap malam biasanya setelah sholat Isya saya biasa terlelap tidur. Jangan tanya jam berapa karena di Mekkah Isya jm 7.30an kemudian sampai rumah makan, mandi, barulah berangkat tidur sekitar pukul 10. Malam ini  saya tidak bisa tidur, sangat tidak lelap, bisa dikatakan saya tidak tidur. Saya mencoba untuk menutup mata dan tidur namun ada rasa sesak di dada. Tidak ingin pulang. Akhirnya saya tilawah di lorong hotel. Ada tempat duduk disana. Saya mencoba untuk tenang. Memang sudah saatnya pulang. Suatu saat insya Allah akan kembali. Itu tekad saya.

Beberapa jam berlalu, kemudian panggilan itu datang. Kami harus segera menuju bus untuk berangkat ke Jeddah. Saya tidak mampu menahan air mata saat itu. Sontak dada saya berdebar dan dengan sedikit sesak di dada menuju kamar untuk membangunkan mama.

CIMG2111Beberapa saat kami sudah berada di bus. Selama di perjalanan mata saya basah. Saya memperhatikan lekat-lekat setiap apa yang saya pandang selama perjalanan dari Kota Mekkah ke Kota Jeddah. Saya tidak tidur malam itu. Setiap objek menarik saya abadikan meski hanya dengan kamera digital sederhana dan dari balik kaca bus. Kami melewati seperti gapura yang merupakan gerbang Kota Mekkah. Disana terdapat Al-Quran yang terbuka di bagian pucuk gerbang tersebut. Selain itu, kami juga transit di pom bensin dan memperoleh snack.


Sampai di Kota Jeddah sekitar pukul 3 dinihari waktu setempat. Kami menuju kamar hotel masing-masing. Kamar yang tidak lebih nyaman dari kamar kami di Kota Mekkah. Kita tidak boleh mengeluh. Meski mencoba untuk tidur saya tetap tidak bisa tidur setelah sholat Tahajud. Saya keluar kamar dan di ruang tamu kamar (Jadi modelnya kayak apartemen gitu, beberapa kamar jadi satu dan ada ruang tamu dan pantry). Di ruang tamu, Abah Hariri, ketua KBIH kami, ternyata juga tidak bisa tidur. Beliau melihat kegelisahan saya. Beliau saat ini sudah 17 kali berangkat haji sejak tahun 1984. Beliau bilang, saya masih muda, masih bisa berangkat haji sampai 3x. Insya Allah. Allahumma Amin. Akhirnya saya dibuatkan mie instan. Kami mengobrol dan berbincang tentang beberapa hal terkait makna ibadah Haji beberapa saat. Saya ingin benar-benar mendalami makna nya dari orang yang sudah belasan kali kesini dan merasakan dengan jelas perkembangan ibadah haji dari dulu hingga kini.  Beliau menyuruh saya untuk tidur meski sebentar sebelum sholat shubuh karena pagi nanti masih ada agenda. Akhirnya setelah makan saya mencoba untuk tidur.

CIMG2128Begitulah sekilas perjalanan saya menuju Kota Jeddah. H-1 Sebelum kepulangan kami semua besok untuk kembali ke tanah air. Masih lekat di ingatan saya rasanya baru kemarin kami menjejaki kaki kami di tanah suci. Rasanya waktu berlalu begitu cepat. Kalau kata orang itu berarti saya benar-benar senang dan menikmatinya . Alhamdulillah…ya, saya benar-benar menikmati jamuan Allah di tanah suci. Pasti ada kekurangan dari pihak penyelenggara ibadah haji namun semua rasa ketidakpuasan tertutupi oleh rasa bahagia dan syukur. Terima kasih Allah…Kado terindah di usia saya ke 23…Semoga kelak Kau pantaskan dan mampukan saya untuk kembali menjadi tamu di rumahMu, Amin.

Kota Jeddah, 25 November 2011

 

 

Leave a Reply

