Thowaf Wada #38

Posted: March 17, 2014 in Perjalanan Haji 2011
Tags: ,

CIMG2076Hari ini adalah hari dimana saya bisa melakukan thawaf. Thawaf wada atau thawaf perpisahan. Dilakukan bersama rombongan KBIH. Kami melakukannya malam hari karena hari ini hari Jumat sehingga para bapak masih harus sholat di Masjidil Haram.

Kami berangkat menggunakan bus. Namun, karena sudah menjelang waktu kepulangan jama’ah haji ke tanah air, maka jumlah busa berkurang dan ada beberapa jalur yang dialihkan termasuk bus kami. Biasanya setelah kami turun bus putih khusus Mekah di underground (UG) kami bisa langsung menuju Masjidil Haram dengan berjalan kurang lebih 500 m. Setelah itu kami bisa ke teras Masjidil Haram dengan menggunakan eskalator. Hari ini kami hanya menggunakan bus Indonesia dan diturunkan di Masjidil Haram bagian belakang karena bus putih sedang tidak beroperasi.

CIMG2078Setelah sampai di Masjidil Haram, meski sudah pukul 10 malam, Masjidil Haram tetap ramai. Kami mulai thowaf wada setelah itu sholat di maqam ibrahim. Beberapa anggota jama’ah lepas sehingga kami tidak bersama-sama. Saat mau pulang bersama-sama seorang mas yang merupakan salah satu jama’ah haji KBIH, bercerita bahwa beliau mengalami suatu hal yang special. Beliau mencium salah satu tiang di Masjidil Haram yang wangi sekali . Selain wangi, tiang tersebut seperti disarungi, dibalut oleh kain. Setelah mas tersebut mendekati tiang tersebut dan memperhatikan lebih lekat dan juga memfotonya, seorang petugas datang dan beliau bilang, hanya beberapa orang saja yang menyadari bahwa tiang tersebut wangi. Namun ketika saya bertanya pada mas tersebut, mengenai sebab musabab tiang tersebut menjadi wangi, beliau tidak tahu dan begitu pula dengan petugas yang saya sebutkan sebelumnya.

Pada akhirnya, thawaf wada membuat kita tidak bisa kembali ke Masjidil Haram besok. Besok kami memang harus ke Jeddah untuk kembali ke tanah air lusa. Semoga ini bukanlah pertemuan yang terkahir dengan Masjidil Haram dan Ka’bah serta Masjid Nabawi. Tempat yang selalu terkenang lekat di akal dan hati….

CIMG2023

Mekkah, 24 November 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s