Miqat Umroh Ketiga di Ji’ranah #31

Posted: March 2, 2014 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , , ,

CIMG1820Pagi-pagi buta, sekitar jam 3 kami sudah bersiap untuk umroh yang ketiga dari miqot Ji’ranah. Seperti biasa, kami menggunakan bus untuk mencapai masjid Al-Ji’ranah. Masjid Ji’ranah atau lebih dikenal al-Ji’irranah adalah sebuah daerah di antara Mekkah dan Tha’if, namun lebih dekat ke Mekkah. Jaraknya 22 Km dari Masjidil Haram. Biasanya yang dikunjungi oleh jama’ah adalah masjid, sumur, dan perkuburan di dekat masjid.

Masjid Al-Ji’ranah dibangun tepat dimana Rasulullah melakukan ihram untuk umrah pada malam Rabu, saat masih tersisa 12 malam dari bulan Dzulqodah (sekitar tanggal 17 stau 18) pada tahun Fathu Mekkah yaitu setelah beliau pulang dari perang Tha’if. Masjid ini telah mengalami renovasi beberapa kali.

“Diriwayatkan dari Muharrisy al-Ka’bi, ia berkata : Nabi sampai di kampung Ji’ranah kemudian masuk masjid lalu shalat sesuai dengan yang dikehendaki oleh Allah, kemudian berpakaian ihram lalu beliau mengendarai untanya menuju Batna Sarifa sehingga menemukan jalan ke Madinah. Lalu pada pagi harinya Nabi telah berada di Mekkah seperti layaknya orang yang mukmin.” (HR.Abu Daud 2/155 no.1998 dan ditashih oleh Al-Albani).

Air dari sumur di Al-Ji’ranah konon sangat tawar. Diriwayatkan bahwa Rasulullah memeriksa letak air dengan tangannya yang mulia. Diriwayatkan pula bahwa beliau menancapkan tombaknya ke tanah hingga memancara air dari tempat itu, lalu beliau meminumnya dan meminumkan orang-orang yang ada di sekitarnya. ( Akhbar Makkah, karangan Al-Fakihiy 5/69 dan ‘Uddah al Inaabah hal 122). Sumur ini sekarang telah ditutup dan airnya pun sudah tidak dipakai karena telah bercampur dengan air biasa serta sudah tidak pantas lagi dipergunakan untuk manusia, sebagaimana disebutkan dalam laporan Kementerian Kesehatan tentang masalah ini.

Perkuburan al-Ji’ranah adalah perkuburan untuk penduduk al-ji’ranah dan tidak memiliki keistimewaan dibanding dengan perkuburan lainnya dan bukan tempat disemayamkan orang-orang yang meninggal di perang Hunain.

Beberapa bid’ah yang harus dihindari oleh jamaah haji :

1. Sengaja mendatangi masjid dengan niat ibadah dan keyakinan bahwa masjid tersebut memiliki keitimewaan dibandingkan masjid-masjid lain.

2. Meyakini adanya keutamaan sholat di tempat itu dibanding masjid lainnya.

3. Sengaja berdoa di sana.

4. Berdo’a secara berjama’ah di dalamnya.

5. Menulis sesuatu di dindingnya.

6. Mencari berkah dengan mengusap dinding dan pintunya, serta mengambil sebagian tanah.

7. Meletakkan potongan-potongan kertas yang mengandung tulisan, uang,foto, atau sehelai kain di sela-sela masjid dengan beragam keyakinan.

8. Tawasul dan istighastah (meminta pertolongan) kepada orang-orang yang telah mati di kuburan, serta meminta syafaat dari mereka.

9. Berlebih-lebihan saat berada di hadapan kubur dengan cara berdiri, menampakkan kekusyuan dan ketenangan, disertai keyakinan bahwa hal itu termasuk tata krama yang diperintahkan secara syar’i. Perbuatan tersebut melampaui batas terhadap penghuni kubur dan juga saran kesyirikan.

10. Mengambil tanah dari perkuburan untuk tamassuh (mengambil berkah dengan cara mengusapkannya) atau mencampuri dengan mtaerial lain dengan tujuan mengambil berkah dan meminta kesembuhan.

11. Melemparkan tulisan-tulisan bagi penghuni kubur yang berisi permintaan atau suatu kebutuhan dan permohonan agar dibebaskan dari segala kesulitan.

12. Mengusap-usap dinding pagar pekuburan , pintu-pintunya dan segala benda yang ada di dalamnya untuk mencari berkah juga.

13. Mencari berkah dan kesembuhan dari air al-Ji’ranah serta meyakini akan keistimewaannya, padahal ia tidak memiliki kekhususan sama sekali dan tidak ada hubungannya dengan sumur al-Ji’ranah karena sumurnya sendiri sudah ditutup, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Demikian, semoga bermanfaat dan semoga kelak bisa berumroh lagi. Amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s