Hal-hal yang Kusuka Selama di Tanah Suci #33

Posted: March 2, 2014 in Perjalanan Haji 2011


Setelah 33 hari berada di tanah suci, saya menyadari beberapa hal yang seringkali saya ulang-ulangi. Tentu saja itu berarti saya suka melakukannya. Beberapa hal yang mungkin saja tidak akan  bisa saya lakukan di tanah air kelak kita saya sudah pulang.  Beberapa hal tersebut antara lain :


CIMG17981.  Thawaf

Entah kenapa, sensasi sejak pertama kali saya melakukan thawaf sendiri membuat efek addict sehingga setiap kali berangkat dari maktab ke Masjidil Haram, saat di bus, saya sudah membayangkan saya hari ini akan thawaf, entah setelah sholat dhuhur (meski siang bolong, ngga akan terasa panas karena angin cukup kencang, meski tetap silau men! =D ) atau sholat ashar (biasanya mendekati maghrib akan ditutup karena mau di pel atau dibersihkan dengan vacum cleaner jumbo, hehe).

2. Minum air zam-zam

Setelah thawaf, biasanya otomatis kita ngos-ngosan setelah thawaf 7 putaran. Meski tidak memilih air zam-zam yang versi dingin, rasa segar tetap bisa terasa di kerongkongan saat minum air zam-zam. Kita semua tau bahwa air spesial ini memang terasa berat karena mengandung banyak sekali mineral-mineral bumi. Rasa kesegaran yang mungkin bisa tetap bisa dinikmati di Indonesia. Tapi tetap akan terasa beda karena diminum tidak setelah thawaf, hehehe.

3. Mendengarkan suara adzan

Disini kalau suara adzzan berkumandang itu spesial banget, kenapa?Karena lampu di ujung-ujung puncak hotel bisa kerlip-kerlip oleh lampu layaknya taburan berlian. Jangan tanya suara adzannya gimana, pastinya spesial dong…

4. Yoghurt

CIMG1785My favorite beverage here is strawberry yoghurt. Harganya 5 riyal dapet 3. Berarti jatuhnya sekitar 4ribu sekian. Entah kenapa rasa asamnya pas dan seger banget. Beberapa kali ganti merk, tapi yang di bawah ini, my favorite. Rasa manisnya udah pas banget.

5. Jajan

CIMG2051Nah, kalau tadi minumannya, sekarang versi makanannya. Jarang makan junk food, entah kenapa disini jadi suka beli. Berawal dari nyoba-nyoba makanan baru, kalau disini kan pasti halal. hehehe. Rasanya emang aneh-aneh, tapi enak. Kalau ngga enak ya ngga mungkin dibeli lagi,hehe. Banyak mall di sekitar Masjidil Haram dan operasinya 24 jam. Jadi kalau mau nginep di Masjidil Haram sekalipun ngga perlu takut kelaparan, hehe, untuk makan dan minum tinggal beberapa langkah saja.

Itu sedikit cerita saya. Mungkin teman-teman kelak akan punya hal-hal yang khas dan bisa menjadi berkesan secara personal.  Kesan personal yang bisa menghubungkan hati kita dengan tempat tersebut meskipun kita tidak berada di tempat tersebut sehingga menghadirkan perasaan dan suasana sama.  =)

*Foto menyusul, internetnya lagi lemot saudara-saudara.. -_-a

Comments
  1. mawi wijna says:

    tahun 1999 silam klo ga salah saya pernah ngicipin Kebab yang enak di sana. Kalau ke tanah suci konsentrasinya itu ibadah ya, hahaha? Padahal saya pingin lho jalan-jalan di tanah suci, pingin tahu ada apa saja di sana.

Leave a Reply

