Wisata Kuliner Masakan Indonesia di Tanah Suci #29

Posted: February 21, 2014 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , ,

CIMG1831Beberapa hari ini, setiap pulang dari sholat di Masjidil Haram, saya bersama kawan-kawan dari jama’ah KBIH menyempatkan untuk mampir di rumah makan Indonesia.  Salah satu rumah makan Indonesia yang favorit kami kunjungi adalah rumah makan Indonesia Cabang Jakarta Selatan. Rumah makan yang selalu tampak diramaikan oleh jama’ah haji tidak hanya dari ras melayu, tapi juga dari Afrika dan Eropa. Yah, makanan merupakan salah satu budaya yang dapat menjadi alat identitats sebuah bangsa. Tidak heran jika mengundang rasa ingin tahu yang besar dari warga negara lain untuk mencicipi masakan khas Indonesia, meski mereka sendiri tidak tahu secara pasti letak negara kami di peta dunia. =)

Penting untuk menghitung secara cermat uang yang kita miliki dengan makanan yang dapat kita makan sebab kita kesini juga dititipi oleh pesanan dari sanak keluarga dan sahabat untuk membelikan barang-barang pesanan atau cindera mata. Bagi saya, khusus untuk makan pagi dan makan siang masih bisa dimasak di maktab sebelum berangkat sholat dhuhur ke Masjidil Haram. Tapi untuk makan malam, demi kenyamanan dan menjaga kesehatan, maka saya dan mama sepakat untuk membeli di rumah makan Indonesia yang cukup terjangkau baik dari segi lokasi (yang dekat dengan maktab kami) dan segi harga. Ada pula makanan yang dijajakan di kaki lima oleh TKW yang entah dari mana bisa memperoleh bahan-bahan makanan untuk membuat makanan Indonesia. Tapi saya cukup selektif memilih  untuk menjaga supaya kami tidak sakit perut dan mengganggu proses ibadah di tanah suci.

IMG0386AMakanan yang tersedia di rumah makan Indonesia cabang Jakrta Selatan cukup variatif. Contoh menu yang tersedia adalah, soto ayam (6 SR), soto daging (6SR), sate (8 SR), bakso (5 SR),  dan nasi campur (1 jenis masakan 2SR). Meski judul rumah makannya adalah Rumah Makan Indonesia Cabang Jakarta Selatan, ternyatapemiliknya bukanlah orang betawi, tapi orang Madura, hehehe. =D

IMG0375ADari sekian banyak rumah makan yang saya cicipi, rumah makan ini yang memang harganya paling terjangkau dan rasanya paling enak. Tidak heran kalau rumah makan ini tidak pernah sepi oleh pengunjung. Menu yang saya lihat paling banyak di pesan di meja pelanggan menurut pengamatan saya dalama beberapa hari adalah sate dan bakso. Saya dan mama tidak pernah pesan sate karena saya memang tidak terlalu suka sedangkan mama pantang untuk menghindari meningkatkan angka kolesterol dalam darah. Entah kenapa, rasa bakso di tanah suci ini memang beda, dan membuat saya berexplorasi ke beberapa restoran yang memiliki menu bakso. Tidak hanya di Kota Mekkah, pun saat itu saya lakukan saat saya di Kota Madinah meski saat di Kota Madinah makanan kami sudah disediakan dengan kotak selama 8 hari full agar fokus untuk sukses menjalankan ibadah sholat Arba’in.

Satu lagi menu yang tidak kalah favorit adalah kerupuk. Meski disini batuk adalah penyakit yang epidemik yang artinya hampir setiap orang pernah mengalaminya, namun orang Indonesia tidak gentar untuk berhenti mengkonsumsi makanan yang renyah ini.  Di sini, kerupuk termasuk makanan mewah. 1 bungkus plastik sedang dibandrol sampai 2 SR ( Rp 5000).

Tetap saja, bagi saya masakan sendiri jauh lebih enak (narsis). Tapi tidak ada salahnya mencoba wisata kuliner beberapa restoran Indonesia yang ada di tanah suci. Jangan lupa untuk tetap selektif baik dari segi kebersihan, harga, dan lokasi (jangan jauh-jauh dari maktab nanti kesasar lho…. =D ).

*1 SR (Saudi Riyal) = IDR 2500

IMG0381A

Leave a Reply

