Thawaf Sunat #27

Posted: February 20, 2014 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , , ,

CIMG1802Hari ini untuk pertama kali saya dan mama ke Masjidil Haram secara mandiri. Pada hari-hari sebelumnya kami biasa berangkat dengan teman-teman serombongan atau satu KBIH. Saya dan mama sepakat untuk rutin ke Masjidil Haram secara rutin pagi setelah sholat dhuha hingga selepas maghrib, Alasan kami untuk tidak pulang setelah isya, selain karena faktor keamanan dimana kami berdua adalah perempuan, juga disebabkan karena menghindari ledakan jumlah jama’ah setelah isya dan berakibat pada perebutan bus.


Hari ini saya bertekad untuk bisa melaksanakan thawaf sunat sendiri. Meskipun mama agak khawatir, takut terjadi sesuatu yang membahayakan, tapi saya pastikan mamam tetap merasa tenang dengan berada di dekat daerah ka’bah. Untuk di permulaan ini setidaknya itu yang saya lakukan agar mama tidak khawatir akan keselamatan saya yang mungkin sewaktu-waktu bisa saja Allah berkehendak yang lain. Sensasi melakukan thawaf sendiri itu ternyata luar biasa mengesankan. Saya tidak perlu terburu-buru seperti biasanya karena khawatir ketinggalan oleh kelompok rombongan. Apa yang saya rasakan seperti bertamu di rumah Allah dan bertatap muka dengan Allah. Sungguh perasaan senang seperti anak kecil yang diberi kebebasan untuk bermain dengan permainan baru. Selain itu, karena tidak bersama pimpinan KBIH, maka tidak ada yang membimbing doa, otomatis saya bisa membaca sendiri seluruh doa-doa panjang yang secara khusus dibaca mulai dari putaran pertama hingga putaran ketujuh,


CIMG1809Pertama kali thawaf sunat, saya memperoleh rahmat dari Allah yang luar biasa. Saya bisa berjarak kurang dari 1 m dengan ka’bah dan hampir saja mendekati Hajar Aswad. Kaki saya bergetar dan kepala saya pun sedikit pusing. Entah sensasi apa yang saya rasakan, begitu mendekati batu surga tersebut saya seperti terdiam dan bingung, bagaimana ya cara mencium Hajar Aswad, pertanyaan yang tiba-tiba muncul beberapa langkah sebelum mendekati Hajar Aswad. Saat sudah hampir mendekatinya, posisi mencium Hajar Aswad dikelilingi oleh orang-orang berkulit hitam yang tinggi badannya sekitar 20-30 cm diatas saya. Ada sekitar 5 menit saya terbengong, terdiam di depan lubang Hajar Aswad yang di kelilingi oleh manusia-manusia yang berusaha menciumnya. Akhirnya demi keselamatan jiwa, saya memutuskan keluar dari kerumunan tersebut dan melewati arus jama’ah yang thawaf ke bagian pinggir Masjidil Haram.

Saya memutuskan untuk sholat sunat 2 rakaat di belakang Ma’qam Ibrahim AS.  Kemudian berjalan 500 m lagi untuk sholat di belakang Hijr Ismail yang didalamnya sudah penuh sesak dengan jama’ah yang sholat dan memanjatkan doa.

Rasa haru saya memuncak dan tentu saja air mata ini tidak bisa terbendung dengan deras. Saya bersujud berkali-kali setelah sholat sunat selesai saya tunaikan. Saya mengucapkan syukur yang sebanyak-banyaknya. Rasa terima kasih yang saya tumpahkan berkali-kali dalam doa saya karena di usia 23 tahun saya diizinkan untuk berhaji, menapakkan kaki di tanah yang pernah dipijak oleh makhluk termulia hingga akhir zaman, Rasulullah SAW. Betapa banyak orang yang jauh lebih renta dari saya dan harus thawaf dengan kursi roda, sedangkan saya masih diberikan kesehatan sehingga bisa berjalan dengan kedua kaki saya. Betapa banyak orang yang jauh lebih banyak dikaruniai Allah dengan harta, namun tidak memperoleh kesempatan untuk dipanggil menjadi tamu Allah. Berapa banyak orang yang sudah berniat haji, menabung, memperoleh kursi dan siap berangkat, namun tidak Allah sampaikan umurnya untuk menunaikan hajatnya berhaji ke tanah suci. KaruniaMu ya Rabb yang hingga kini selalu membuatku meneteskan air mata. Betapa ibadahku yang masih compang camping, ilmu agama yang sekadarnya, dan ribuan aib yang Engkau tutupi, memampukan aku untuk sampai di sini. Terima kasih….

CIMG1804

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s