Thawaf Ifadhah #23

Posted: November 3, 2013 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , ,

CIMG1768Hari ini kami melakukan Thawaf Ifadhah dan Sa’i sebagai prosesi terakhir ibadah haji. Kami berangkat pukul 21.00. Sengaja dilakukan pada malam hari untuk mencari waktu dimana daerah sekitar ka’bah dan Sofa Marwah agak sepi. Kami berangkat bersama rombongan KBIH menuju Masjidil Haram dengan berjalan kaki. Sambil berjalan kaki menuju Masjidil Haram kami membaca kalimat talbiyah. Suasana malam itu cukup ramai. Ternyata masih banyak juga jama’ah haji yang belum melakukan prosesi terakhir ibadah haji seperti kami.

Thawaf adalah ibadah mengelilingi ka’bah sebanyak 7 putaran dimulai dari Rukun Yamani. Rukun Yamani adalah pojok Ka’bah yang menghadap ke Negara Yaman. Berbeda dengan Sa’i, ibadah Thawaf harus dalam suci artinya kalau misal ditengah-tengah Thawaf wudhunya batal, maka harus berwudhu, dan menyelesaikan thawaf sejumlah putaran yang kurang, jadi ngga mulai dari angka 1, tapi dari angka putaran yang sudah dilakukan. Misal, batal setelah melakukan empat putaran , kemudian berwudu, maka kurang 3 putaran saja. Kemudian, yang harus diperhatikan ketika thawaf, tidak boleh melewati Hijr Ismail, karena akan dianggap batal. Setelah thawaf 7 putaran baru kemudian boleh ke Hijr Ismail untuk sholat sunat atau berdoa.  Doa yang dibaca di setiap putaran berbeda. Tidak perlu dihafal karena bisa dilakukan sambil membaca buku.

Doa Pertama Ketika Tawaf

Doa Ketika Tawaf 1 - Copy

 “Maha Suci Allah dan segala pujian bagi Allah dan tiada Tuhan melainkan Allah dan Allah Maha Besar dan tiada keupayaan mentaati perintahMu dan tiada kekuatan untuk menjauhi laranganMu melainkan dengan izinMu Allah Yang  Maha Tinggi dan Maha Besar. Dan selawat serta salam keatas Rasulullah SAW. Dengan keimanan kepadaMu dan membenarkan kitabMu dan menunaikan janjiMu dan mengikuti sunnah NabiMu Muhammad SAW.  Wahai Allah, sesungguhnya aku memohon dariMu keampunan dan kesejahteraan dan penolakan yang berkekalan terhadap bala bencana pada agama, dunia dan akhirat dan kemenangan dengan mendapat syurga dan keselamatan dari neraka.”

Doa Thawaf Kedua

Doa Di Antara Dua Rukun Kaabah 2 - Copy

“Ya Allah, sesungguhnya Baitullah ini rumahMu, tanah haram ini tanah haramMu, negeri aman ini negeriMu, hambaMu ini hambaMu anak dari hambaMu, dan tempat ini adalah tempat berlindung padaMu dari seksa neraka, maka haramkanlah daging dan kulit kami dari seksa neraka. Ya Allah, cintakanlah kami pada iman dan perindahkanlah ia dihati kami, bencikanlah kami pada perbuatan kufur, fasiq, maksiat dan durhaka serta masukkanlah kami ini dalam golongan orang yang mendapat petunjuk. Ya Allah, peliharalah aku dari azabMu dihari yang Engkau kelak membangkitkan hamba-hambaMu. Ya Allah, anugerahkanlah aku syurga tanpa hisab.”

Doa Thawaf Ketiga

Doa Di Antara Dua Rukun Kaabah 3 - Copy

 “Ya Allah, aku berlindung padaMu dari keraguan dan syirik, pertengkaran, munafik, buruk budi pekerti, buruk pandangan dan salah urus terhadap harta benda keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepadaMu keredaan dan syurgaMu dan aku berlindung padaMu dari MurkaMu dan seksa neraka. Ya Allah, aku berlindung padaMu dari fitnah kubur, fitanh kehidupan dan derita kematian.”

Doa Thawaf Keempat

Doa Di Antara Dua Rukun Kaabah 4

“Ya Allah, kurniakanlah haji yang mabrur, Sa’i yang diterima, dosa yang diampuni, amal soleh yang diterima dan usaha yang tidak mengalami rugi. Wahai Tuhan yang Maha Mengetahui apa-apa yang terkandung dalam hati sanubari. Keluarkan aku dari kegelapan ke cahaya yang terang benderang. Ya Allah, aku mohon padaMu segala hal yang mendatangkan rahmatMu dan segala ampunanMu, selamat dari segala dosa dan beruntung dengan mendapat pelbagai kebaikkan, beruntung memperoleh syurga, terhindar dari seksa neraka. Tuhanku, puaskanlah aku dengan anugerah yang telah Engkau berikan, berkatilah untukku atas semua yang engkau anugerahkan dan gantilah apa-apa yang hilang dariku dengan kebajikan dariMu.”

Doa Thawaf Kelima

Doa Di Antara Dua Rukun Kaabah 5 - Copy

 “Ya Allah, lindungilah aku dibawah naungan singgahsanaMu pada hari yang tidak ada naungan selain dari naunganMu dan tidak ada yang tinggal kekal selain dari ZatMu. Dan berilah aku minuman dari telaga Nabi Muhammad SAW. dengan satu minuman yang lazat, nyaman, sesudah itu aku tidak haus untuk selamanya. Ya Allah, aku mohon padaMu kebaikkan yang diminta oleh NabiMu Muhammad SAW. Ya Allah, aku mohon padaMu syurga serta nikmatnya dan apa pun yang dapat mendekatkan kepadanya, baik ucapan, ataupun amal perbuatan dan aku berlindung padaMu dari neraka serta apa yang mendekatkan aku kepadanya baik ucapan atau pun amal perbuatan.”

Doa Thawaf Keenam

Doa Di Antara Dua Rukun Kaabah 6 - Copy

“Ya Allah, sesungguhnya Engkau menpunyai banyak hak yang ada diantara aku denganMu dan banyak kewajipan yang ada diantara aku dengan makhlukMu. Ya Allah ampunilah kesalahanku terhadapMu, bebaskanlah aku darinya, cukupkanlah aku dengan rezekiMu yang halal, terhindar dari yang haram dan dengan berbuat taat kepadaMu dari perbuatan derhaka dan dengan nikmat kelebihanMu dari mengharapkan orang lain selain dariMu, wahai Tuhan Yang Maha Pengampun. Ya Allah sesungguhnya rumahMu (Baitullah) ini agung. ZatMu juga Mulia, dan engkau Ya Allah Maha Penyabar, Maha Mulia, Maha Agung, yang menyukai keampunan maka ampunilah aku.”

Doa Thawaf Ketujuh

Doa Di Antara Dua Rukun Kaabah 7 - Copy

“Ya Allah, aku mohon padaMu iman yang sempurna, keyakinan yang benar, rezeki yang luas, hati yang khusyuk, lidah yang selalu berzikir (menyebut nama Allah) rezeki yang halah dan baik, taubat nasuha dan taubat sebelum mati, ketenangan ketika hendak mati, keampunan ketika dihisab, keberuntungan memperolehi syurga dan terhindar dari neraka dengan rahmat kasih sayangMu wahai Tuhan Yang Maha Tinggi, Yang Maha Pengampun. Tuhanku, berilah aku tambahan ilmu pengetahuan dan masukkanlah aku kedalam golongan orang-orang yang soleh.”

Diantara Rukun Yamani dan Hajar Aswad membaca doa:

رَبَّنَااَتِنَافِ الدُّنْيَا حَسَنَةًوَفِ اْلاَحِرَةِحَسَنَةًوَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar”
“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhilah kami dari siksa neraka”

CIMG2006

Sources:

http://shafiqolbu.wordpress.com/2013/10/06/zikir-dan-doa-ketika-tawaf/

http://doapilihan.blogspot.com/p/doa-tawaf.html

http://msaadhamid.blogspot.com/2010/04/panduan-umrah-21-sunat-sunat-semasa.html

Mekkah, 10 November 2011

======================================================================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s