Mabit di Muzdalifah dan Lempar Jumroh di Mina #20

Posted: November 3, 2013 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , , , , ,

CIMG1650Setelah beristirahat sebentar, prosesi ibadah haji dilanjutkan dengan melempar jumroh. Setelah melempar jumroh dan mencukur sedikit rambut, kain ihrom dapat dilepas dan berganti dengan pakaian biasa. Jumroh yang pertama adalah jumroh Aqobah saja. Jadi melemparkan 7 batu kerikil saja. Untuk mencapai tempat melempar jumroh ditempuh dengan berjalan kaki. Tidak boleh ada kendaraan yang masuk ke daerah kemah Mina hingga ke tempat melempar jumroh.

Mungkin karena kami banyak menangis tadi siang, setelah bangun tidur di Mudzalifah, banyak suara kami yang hilang atau serak.  Sambil berjalan kaki kami mengucapkan kalimat talbiyah. Selama di lorong Mina yang panjang itu, suara talbiyah dari jamaa’ah haji seluruh dunia berkumandang. Sungguh mengharukan dan membuat merinding. Jarak antara kemahku ke tempat melempar jumroh adalah jarak yang terdekat, yaitu 2,5 Km. Tenang saja, jalan kaki tidak akan terasa, apalagi dengan semangat untuk beribadah kepada Allah dan dilakukan bersama-sama. Bukankah ini adalah waktu yang telah lama kami nantikan.  :)

CIMG1653Setelah sampai ditempat melempar jumroh rombongan KBIH kami menuju lantai 4. Lantai 1 sudah dipenuhi oleh banyak sekali jama’ah. Lempar jumroh dilakukan dengan tujuh buah kerikil. Tidak boleh melempar ketujuh kerikil dalam satu kali lemparan. Harus dilempar satu demi satu kerikil. Satu demi satu kerikil yang dilempar diawali dengan membaca do’a lempar jumroh.

Setelah itu kami pulang dan sholat shubuh berjama’ah di kemah. Kemudian antri makan. Disini makananya kayak pembagian sembako atau BLT, panjaaaaaaangggg banget deh. Harus sabar… karena masih dalam rangkaian ibadah haji. Selain antrian makan, juga antrian ke toiletnya. Dilarang masuk lebih dari 1 orang meski kebelet karena saluran toiletnya itu ngga ada. Jadi dibawah toilet itu sungai. Tahun lalu, ada 3 orang yang nekad masuk toilet sehingga toilet jebol dan 3 jama’ah tersebut hilang karena terbawa arus sungai.

CIMG1664

Setelah makan, wudhu, sholat dhuha, istirahat sambil dzikir, atau tidur sambil menunggu dhuhur. Istirahat dan menjaga kesehatan. Sholat dhuhur dijamak dengan ashar karena air di sini terbatas. Selain terbatas juga karena antriannya yang panjang. Mandi juga dilakukan sehari dan biasanya dilakukan sebelum berangkat lempar jumroh, karena antriannya masih pendek dan sepi. Tenang saja, air yang disediakan,atau yang keluar dari kran adalah air hangat. Jadi ngga perlu takut masuk angin.  Tapi siap-siap aja keluar dari toilet diserbu angin malam. Hehehe…brrr…😀

Alhamdulillah..Segalanya harus dijalani dengan sabar, syukur, dan ikhlas sehingga bisa diberi kesehatan dan kekuatan untuk bisa menjalani seluruh prosesi haji hingga selesai. Amin.  :)

 jadwal jumroh

DOA MELEMPAR JUMROH

 بسم الله الله اكبر رجما لشياطين ورضا لرحمن اللهم اجعل حجا مبرورا وسعيا مشكورا

BISMILLAHI ALLAHU AKBAR  ROJMAL LIS SYAYATIN WA RIDLON LIR ROHMAN. ALLAHUMMA  HAJJAN MABRURO WA SA’YAN MASYKURO.

Dengan nama Allah, Allah Maha Besar, kutukan bagi segala setan dan ridlo bagi Allah yang Maha Pengasih, Ya Allah jadikan hajiku ini haji yang mabrur dan sa’i yang diterima

DOA SETELAH LEMPAR JUMROH

اللهم ربنا تقبل منى ولاتجعلنا من المجرمين وادخلنا فى عبادك الصالحين ياارحم الرحمين اللهم حجنا حجا مبرورا وسعيا مشكورا وذنبا مغفورا وعملا صالحا مقبولا وتجارة لنتبور

ALLAHUMMA ROBBANA TAQOBBAL MINNA WALA TAJ’ALNA MINAL MUJRIMIN WA-ADKHILNA MIN ‘IBADIKAS SHOLAIHIN YA ARHAMAR ROHIMIN. ALLAHUMMA HAJJANA HAJJAN MABRURO WASA’YAN MASYKURO WADZANBAN MAGHFURO.

WA ‘AMALAN SHOLIHAN MAQBULA WATIJAROTAN LAN TABURO.

Ya Allah kabulkanlah permohonan kami , dan jangan jadikan kami orang- orang yang berbuat dosa, tapi masukkanlah kami ke dalam hambamu yang sholeh.Ya Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Mina, 7 November 2011

=========================================================================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s