Mengenal Toilet di Masjidi Haram #16

Posted: November 2, 2013 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , ,

Toilet merupakan salah satu tempat penting yang harus kita ketahui. Bukan hanya untuk membuang hajat tetapi juga untuk berwudhu. Sebenarnya kita bisa saja berwudhu di dalam Masjidil Haram dengan air zam-zam dan gelas yang sudah disediakan (Ngga usah kaget di sana air  zam-zam langsung bisa didapat dengan membuka keran, bisa langsung diminum, ngga se-ekslusif di sini, sebotol air harganya bisa sekian rupiah..hehe,ya iyalah bawanya dari sono ke sini kan pake biaya, hehehe =D ). 

Ada beberapa toilet di Masjidil Haram. Diantaranya yang pernah saya kunjungi :

1. Toilet di depan pintu utama atau pintu 1 (King Abdul Aziz)

Toliet ini tidak terlalu besar. Untuk masuk ke sini, ada dua cara dengan tangga dan eskalator. Ditutup oleh sejenis gorden berwarna hijau. Lurus dari pintu 1 deh, nanti akan ada tulisan Toilet. Jaraknya sekitar 200-300m dari pintu 1.

2. Toilet dekat dengan halte bus putih.

Masih ingat bus putih kan? Ketika turun dari bus putih, ada toilet disana. Toliet ini ukurannya lebih besar dari toilet yang ada di dekat pintu 1. Ada petugas yang menjaga di depan, jadi ngga akan ada laki-laki yang akan masuk ke toilet wanita. Di tiap toilet sudah ada petugas yang selalu siap sedia membersihkan toilet tersebut 24 jam. Dijamin bersih.

3. Toilet dekan dengan rumah Ibunda Aminah.

Rumah ibunda Aminah yang merupakan ibu Rasulullah SAW saat ini menjadi perpustakaan. Di dekat rumah beliau adalah toilet terbesar berdasarkan pengamatan saya pribadi.  Sama dengan toilet yang ada di dekat pintu 1, untuk mencapainya kita bisa menggunakan tangga atau eskalator.

Saya punya pengalaman kurang mengenakan terkait toilet. Ceritanya, menjelang sekitar 30 menit sebelum sholat ashar, saya kebelet. Akhirnya dengan perencanaan dan prediksi bahwa, waktu tersebut cukup untuk saya bisa keluar, berjalan menuju toliet, dan berjalan masuk kembali ke Masjidil Haram, saya nekad ke toilet yang ada dekat pintu 1 (jangan dikira dekat itu benar-benar dekat, karena sekitar 200 m, apalagi dari tempat saya duduk keluar masjid yang luas ini saja sudah butuh waktu.  Sepulang dari toliet, ketika di pintu masuk (oh ya, di setiap pintu masuk akan ada petugas laki-laki dan perempuan yang akan memeriksa barang bawaan kita di tas), saya dihadang tidak boleh masuk oleh petugas. Dengan berbahsa Inggris dia menjelaskan bahwa masjid sudah penuh. Saya bilang, bahwa saya sudah punya shaf disana dan ada mama saya di dalam. Beliau tidak percaya, akhirnya karena waktu ashar sudah semakin mepet dan saya tidak mau kelewatan sholat wajib berjamaah, saya sedikit membentak petugas tersebut, ” Can you see that, I do not bring my bag?!”, secara semua passport dan tanda pengenal ada di tas..  -_-*. Petugas akhwat (wanita) tersebut agak kaget saya bentak. Saya tunjukkan bahwa saya hanya bawa kresek dan sendal. Jamaah Indonesia itu khas dengan tas pinggang Indonesia yang ada gambar passport dan bendera merah putih. Beliau mungkin tersadar, atau sedikit bengong karena saya sudah panik lihat jam tangan. Pada akhirnya, diorama cerita berakhir dengan saya diperbolehkan masuk saudara-saudara sambil minta maaf dan kemudian berlari ke eskalator ke lantai 2 (mama saya punya tempat duduk favorit di sini, di lantai 2). Sampai di tempat duduk mama, saya langsung istighfar bolak balik. Maafkan saya, ya Allah…Saya bersalah..Hari ini saya tidak memperhitungkan dengan baik-baik tindakan yang saya lakukan sehingga membuat ketidaknyamanan pada orang lain…

toliet

Pelajaran yang harus dipetik, lain kali kita harus memperhitungkan baik-baik kalau mau ke toilet, apalagi mendekati adzan sholat 5 waktu. Semoga bermanfaat kawan. =)

Masjidil Haram, 1 November 2011

===================================================================

Courtesy:

1. Picture 1 : Youtbe.com

2. Picture 2 : shafamarwah.wordpress.com

3.Picture 3 : http://www.flickr.com/photos/29802382@N06/8982230325/in/photostream/

Comments
  1. wah, ada yg jaraknya jauh banget yah, 200-300 m , kebayang klo punya rumah, yg wc nya berjarak 200 m ampe 300 m hehe😀

    salam dari , klo ada waktu jaan2 ke blog saya yah🙂

Leave a Reply

