Berangkat Wukuf di Padang Arafah #18

Posted: November 2, 2013 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , ,

CIMG1604Siang ini kami akan berangkat untuk wukuf. Wukuf adalah puncak dari ibdah haji. Wukuf harus dilakukan di Padang Arafah. Wukuf hanya boleh dilakukan pada wkatu tertentu, yaitu 9 Dzulhijjah. Itulah yang membedakan antara ibdah haji dan umroh. Umroh bisa dilakukan kapan saj, sedangkan haji dibatasi oleh waktu tertentu.

Awalnya jadwal keberangkatan kami adalah setelah sholat Maghrib. Namun, jadwal tersebut maju setelah Dhuhur. Serta merta kami panik karena rombongan bapak-bapak masih berjalan kaki (sudah tidak ada bus, semua bus untuk membawa jamaโ€™ah ke Arafah) dari Masjidil Haram ke maktab. Makan siang yang sudah dimasak pun akhirnya hanya dimakan oleh ibu-ibu sedangkan bapak-bapak sudah tidak sempat makan siang. Semua bergegas mandi dan memakai baju ihrom.ย  Kemudian setelah memakai baju ihrom, kami menjalankan sholat sunat ihrom.

Barang-barang yang harus dibawa (umumnya) :

1. Sajadah

2. Tasbih

3. Buku doa

4. Tikar untuk mabit di Mudzalifah

5. Garam dan sambal pecel

6. Pisau kecil atau gunting untuk cukur

7. Senter untuk mencari kerikil

8. Pakaian lengkap 2 stel untuk 2 hari.


Selama di bus, kalimat talbiyah dicuapkan bersama-sama seluruh jamaโ€™ah. Ada yang sampai menangis dan tidak sedikit yang berderai air mata. Betapa tidak, waktu ini, hari ini, adalah hari yang dinantikan oleh kami. Setelah melalui proses antri untuk menjadi jamaโ€™ah haji. Kemudian harus melalui serangkaian proses hingga mencapai hari ini. Kesehatan pun harus dijaga. Satu saraf saja yang Allah putus dari kita, maka kita tidak akan berdaya. Mungkin kita tidak bisa bernafas, menulis, mengetikย keyboardย ini,dsb. Satu hal yang mungkin sering kita lupakan dan sepelekan, nikmat kesehatan.

CIMG1613Setelah sampai di Padang Arafah, kami menuju perkemahan yang akan menjadi tempat tinggal selama semalam. Tenda ini mampu memuat hingga 120 jamaโ€™ah. Tenda ini bukan merupakan tenda permanen. Tidak seperti tenda di Mina. Begitupula dengan toiletnya. Semua tenda akan dibongkar setelah prosesi wukuf. Malam ini kami tidak akan tidur dengan AC yang nyaman seperti di maktab. Tidur dengan beralaskan karept bukan denganย spring bed. Sumber cahaya hanya satu lampu neon putih di tengah-tengah tenda. Bisa dibayangkan bagaimana perjuangan kami akan dimulai disini, untuk melaksanakan semua prosesi haji.


Haji adalah Wukuf. Maka setiap jamaโ€™ah harus melaksanakannya meski sakit dan hanya mampu melakukannya di ambulans. Jamaโ€™ah yang sakit akan dibawa dengan ambulans untuk wukuf selama 15 menit dan kemudian kembali ke rumah sakit. Barang siapa bersungguh-sungguh berdoa besok, maka tidak ada doa yang tidak dikabulkan. Tidak ada ampunan yang akan tertahan. Allah akan membanggakan di hadapan para malaikatnya akan umatnya yang datang dengan bersusah payah dan berdebu dari seluruh penjuru dunia.

CIMG1617

ู„ูŽุจู‘ูŽูŠู’ูƒูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ู„ูŽุจู‘ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ู„ุงูŽ ุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽูƒูŽ ู„ูŽุจู‘ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูŽ ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูุนู’ู…ูŽุฉูŽ ู„ูŽูƒูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู…ูู„ู’ูƒูŽ ู„ุงูŽ ุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽูƒูŽ

โ€œAku datang memenuhi panggilan-Mu ya Allah, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, Aku datang memenuhi panggilan-Mu, sesungguhnya segala puji, nikmat dan segenap kekuasaan milik-Mu, tiada sekutu bagi-Mu”.

Arafah, 5 November 2011

==================================================================

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s