Berkunjung ke Situs Ibadah Haji #13

Posted: June 17, 2013 in Perjalanan Haji 2011

CIMG1466Hari ini kami survey ke beberapa tempat yang insya Allah akan menjadi tempat proses ibadah haji. Selain itu, kami juga mengunjungi beberapa tempat bersejarah yang merupakan tempat-tempat penting terkait dengan peristiwa bersejarah dan tertulis di Al-Quran.

CIMG1509

Tempat pertama adalah Gua Hira yang berada di Jabal Rahmah. Di tempat ini, Allah melalui malaikat Jibril pertama kali menurunkan ayat Al-Quran, yaitu surat Al-Alaq 1-5. Kami tidak naik ke bukit. Hanya turun untuk melihat kondisi sekitar bukit dan mendokumentasikan beberapa lokasi. Gua Hira berada di sebuah bukit yang butuh pendakian. Cukup menguji ketahanan fisik dan keteguhan mental. Jalan menanjak yang membentuk sudut kurang lebih 30 derajat. Jalanannya sendiri relatif lebar dan aman, namun kendaraan warga sekitar tidak jarang yang keluar masuk di sana sehingga pejalan kaki perlu waspada.  Gua Hira sendiri cukup kecil, hanya cukup untuk dua orang dewasa duduk. Dinding batu bagian atapnya sangat rendah.

CIMG1483

Beranjak ke tempat berikutnya, yaitu Jabal Rahmah. Tempat pertama kalinya Nabi Adam AS bertemu dengan Ibu para manusia, Siti Hawa. Di tempat tersebut kita bisa berdoa dan salah satu tempat di kabulkannya doa. Banyak orang yang melakukan hal-hal yang tidak pantas dilakukan, seperti menempelkan foto orang yang mungkin ingin dijadikan pasangan hidup, menuliskan nama dia dengan calon atau kekasihnya, dsb. Hal-hal yang sesungguhnya tidak seharusnya dilakukan karena sungguh Alla ta’ala menjadi saksi bahwa cinta melebihi cintanya kepada Allah sehingga menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.

CIMG1500Tempat berikutnya adalah Padang Arafah. Tempat yang merupakan lokasi puncak ibadah haji, yaitu wukuf. Tidak sah haji seseorang jika tidak wukuf di Arafah. Ini merupakan salah satu rukun yang tidak dimiliki oleh ibadah Umroh. Bahkan orang yang sakit sekalipun harus ke sini meski hanya berbaring di ambulan untuk sesaat saja.  Kemudian Musdalifah, dimana kita harus bermalam di sebuah lapangan terbuka untuk bermunajat. Tempat terakhir adalah Mina. Di tempat ini jamaah haji akan menginap selama 3-4 hari karena harus melempar jumroh.

CIMG1503Kenapa kita diharuskan mengikuti kegiatan ini? Diantaranya adalah membludaknya jumlah jamaah haji baik di luar Arab Saudi maupun dari masyarakat Arab sendiri. Oleh karena itu, jamaah harus benar-benar menyadari daerah ini dengan baik sehingga ibarat gladi, mereka tidak perlu berdesak-desakan, berebutan, untuk bisa melaksanakan rukun haji. Selain itu, untuk di Mina, gedungnya sudah ditingkat sampai 3 lantai. Jadi tidak perlu berebutan. Mobilisasi diharapkan tertib dan mengikuti aturan yang ada, jalan searah, bukan dua arah. Terjadinya suasana sesak sewaktu melempar jumrah, tonggak batu di Mina, diantaranya adalah karena para jemaah berlomba untuk melemparkan jumrah pada waktru yang paling utama, yaitu pada hari pertama Idul Adha, yakni segera setelah mabit dan mengambil baru di Muzdalifah atau pada waktu condongnya matahari di hari yang lain. Keinginan menyelesaikan pelemparan jumrah adalah agar bisa segera tahalul (mencukur rambut) dan menanggalkan pakaian ihram sehingga dapat terbebas dari larangan-larangan saat memakai ihram. Meskipun demikian, tetap disarankan agar melempar jumrah dengan tenang, tertib, tidak saling menyakiti dan mendesak atau mendorong jamaah lain. Jika tidak mampu boleh diwakilkan seperti saat sakit, lemah fisik, dan halangan lain.

Menjaga keselamatan dan keamanan masing-masing. Tidak perlu naik ke puncak Jabal Rahmah yang dikelilingi oleh bebatuan dan saling desak mendesak saat wukuf. Bukit yang biasanya memutih seperti dibalut oleh kain ihram ini bukan merupakan kewajiban. Yang diwajibkan adalah wukuf di Arafah, dimana pun di tanah Arafah yang ditandai oleh papan perunjuk berwarna kuning oleh Pemerintah Arab Saudi. Bahkan dianjurkan jemaah haji banyak melakukan dzikir dan doa di tenda-tenda atau tempat peristirahatan sementara ketika berada di Arafah.

Perjalanan rohani yang sangat panjang dan menakjubkan. Ekspresi kepatuhan, kebahagiaan, yang membuat semua orang yang menjalankannya ingin memberikan yang terbaik, berlomba mengejar keutamaan, pahala, dan ampunan. Itulah kenapa banyak orang yang ingin melakukan ibadah haji lebih dari sekali. Sensasi yang tidak bisa dibayar dengan apapun. Semoga kita bisa berikan yang terbaik dengan berusaha mengamalkan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ilmu yang sudah kita peroleh saat manasik dan belajar sebelum keberangkatan ibadah haji. Amin ya rabbal alamin.

Comments
  1. […] Berkunjung ke Situs Ibadah Haji #13. […]

  2. ruth says:

    Halo, saya Mrs Emmanuel Ruth, pemberi pinjaman pinjaman swasta yang memberikan pinjaman kesempatan waktu hidup. Apakah Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, berinvestasi pada bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di: (emmanuelruth536@gmail.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s