Bed Rest #12

Posted: June 16, 2013 in Perjalanan Haji 2011

CIMG1838Hari ini aku demam dan harus bed rest. Mungkin ini disebabkan karena kelelahan perjalanan Madinah-Mekah, Umroh, dan baju basah kuyup karena keringat setelah menyelesaikan rukun umroh tengah malam. Selain itu, dari maktab (rumah tinggal selama di yanah suci) ke Masjidil Haram tadi malam ditempuh dengan berjalan kaki karena para bapak tadi malam ingin survey waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan dengan jalan kaki.

CIMG1539Padahal sebenarnya telah disediakan bus 24 jam yang dapat dipakai untuk sampai ke Masjidil Haram. Jadi, bus yang disediakan dan terdekat adalah di sektor Misfalah. Harus berjalan sekitar 500 m dahulu dari  maktab ke sektor. Kemudian diturunkan di terminal center dimana seluruh bus dari seluruh negara berkumpul di terminal tersebut. Setelah itu kita harus naik bus berwarna putih dimana bus tersebut ditujukan untuk seluruh jamaah dari seluruh dunia. Jadi kalau kita naik bus putih ini kita sama-sama naik dengan berbagai jamaah dari berbagai negara dan warna kulit. Kalau pulang dari Masjidil Haram pun demikian. Dari Masjidi Haram kita naik bus putih, kemudian transit di terminal center. Setelah itu kita menuju bus milik negara kita yang sudah di kelompokkan dan ada tandanya berupa bendera negara masing-masing. Di sektor Indonesia pun, tidak semua bus bisa dipakai. Bus tersebut ada berbagai tujuan sesuai dengan sektor maktabnya.

Hari ini tidak bisa banyak bercerita karena istirahat di maktab. Insya Allah besok dilanjutkan lagi….Semoga saya bisa segera pulih..Amin…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s