Info Belanja di Madinah #9

Posted: June 19, 2012 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , , ,

ImageKali ini saya akan berbicara masalah belanja alias shoppingKalau mau shopping di Negeri Padang Pasir ini sebaiknya saya sarankan untuk siap mulut dan siap telinga, kenapa? karena walaupun di sini hampir tidak ada pencuri, namun di sini punya politik harga. Antara pedagang A dan pedagang B akan berbeda kalau tidak pandai dalam menawar. Mata uang di negara Arab Saudi adalah Saudi Real atau disingkat SR. Sepertinya memang memiliki kaitan erat dengan klub sepak bole Spanyo seperti Real Madrid, Real Sociedad, Real Betis haha, lupakan.

Kalau mau menawar harus siap telinga. Jamaah haji dari Indonesia terkenal dengan jamaah yang suka menawar, dan yang paling menyebalkan adalah ketika mereka tidak mau memberikan harga yang kita inginkan, maka mereka akan sedikit berteriak “Indonesia Bakhil”. Awal-awal agak malu juga, tapi lama-lama, emang gue pikirin,hehehe, astaghfirulloh…. secara harga yang ditawarkan sedikit tidak logis.

Di kompleks Masjid Nabawi ini dikelilingi oleh bangunan-banguna gedung bertingkat yang modern. Lantai bawah diisi dengan pusat perbelanjaan seperti toko mas dan mall, sedangkan lantai atas diisi dengan penginapan/hotel. Di Mall pun, kamu harus menawar. Tidak ada harga pas.Aneh kan, padahal ada label harganya… -_-“

Barang-barang yang tersedia pun beragam, mulai dari pakaian, jilbab, sajadah, tasbih, parfum (dari yang murah sampai yang jutaan), hiasan dinding yang gambarnya Ka’bah atau Masjid Nabawi, dan Al-Quran. Selain itu, tersedia pula buah-buahan,Image ice cream dari kurma, Kurma dari yang murah sampai kurma yang 1 Kg nya Rp 200.000 (kurma Azwa/Kurma Nabi).Yang tidak kalah digemari oleh ibu-ibu adalah perhiasan, mulai dari yang murah sampai yang mahal, batu-batu permata (padahal di Indonesia mah juga ada dan menurutku lebih bagus, I love Indonesia :p ). Tips untuk Anda yang berangkat haji pada gelombang I, saya sarankan untuk tidak terlalu banyak belanja mengingat masih ada kehidupan selanjutnya di Mekah. Membawa nya naik bis dari Madinah ke Mekah akan sangat merepotkan jika Anda terlalu bersemangat belanja di Madinah. Lebih baik menjaga fisik untuk menyelesaikan sholat Arba’in di Masjid Nabawi. Kalaupun mau berbelanja, yah yang murah-murah sajalah, di Mekah juga ada lagi yang begitu dan harganya ngga jauh beda. Masalah utama nya adalah tas Anda memiliki kapasitas terbatas dan untuk di bawa ke Indonesia pun ada berat tertentu dimana maksimal tas berisi sekian Kg.

Gunakan living cost yang diberikan saat berangkat oleh Depag sebijak mungkin, karena hanya selama di Madinah (8 hari), dan ArMiNa( Arafah, Muzdalifah, dan Mina sekitar 7 hari) makanan dan minuman di sediakan oleh Departemen Agama RI. Sisanya selama kurang lebih 25 hari, Anda harus berhemat untuk makan dan minum (serius! 1 galon di sini isi 5L harganya Rp 15.000 alias SR 6), DAM, dan Qurban.

Semoga bermanfaat…🙂

 

Comments
  1. tekad says:

    walopun rumah nabi pedagang2 di madinah udh kurang mempraktikan tata cara dagang yg diajarkan rasulillah,,masak memory card 3x harga di indonesia (stelah twar menawar bisa dpt 1/3 harga awal),,serta banyak barang elektronik aspal..capedech😦

  2. ummuditya says:

    Iya betul sekali…memang di dunia ini segalanya diciptakan seimbang…ada kebaikan dan ada pula keburukan…semoga kita termasuk ke dalam lingkaran kebaikan ya…tetap jujur meski ada kesempatan untuk bisa memperoleh keuntungan yang besar dengan cara yang tidak di Ridhoi Allah…terima kasih untuk blog walking dan sharing nya… =)

  3. Elmo M. Schwartz says:

    Perjalanan Mekah-Jedah ditempuh sekitar kurang lebih 2 (dua) jam. Sekitar pukul 4 (empat) kami sampai di Jeddah dan disinggahkan di Bakso Mang Oedin yang berdekatan dengan Toko Ali Murah, bagi yang rindu bakso ya makan bakso disini harganya 10 real, rasanya juga enak. Di toko Ali Murah kita dapat membeli macam-macam kurma, kacang-kacangan, mainan onta dan lain-lain. Pelayannya juga ada orang Indonesia. Sekitar 1 (satu) jam disitu akhirnya kami berangkat ke hotel Madina Palace Hotel Jeddah. Kamarnya luas sekali, tempat tidurnya besar ditambah 2 ekstra bed karena 1 kamar diisi 4 orang. Malam hari acara bebas karena kami harus beristirahat untuk melanjutkan perjalanan esok harinya.

    • ummuditya says:

      Sepertinya menikmati sekali perjalanannya… semoga kita kelak bisa kesana lagi merasakan kebahagiaan tersebut ya…terima kasih sharing dan blog walkingnya…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s