Berkunjung ke Tempat-tempat Bersejarah di Madinah #5

Posted: January 25, 2012 in Perjalanan Haji 2011
Tags: , , , , ,

Hari ini agenda kami mengunjungi tempat-tempat bersejarah di Madinah. Tempat yang pertama adalah Masjid Quba. Pukul 06.30 kami berangkat dari hotel dengan bus sesuai dengan jadwal rombongan. Menurut hadits shahih dikatakan bahwa jika kita berwudhu dan sholat tahiyatul masjid di Masjid Quba maka akan memperoleh pahala seperti melakukan umroh. Masjid ini merupakan masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW ketika beliau sampai di Madinah.

Kunjungan berikutnya adalah ke pasar kurma. Di sini kita bisa menemukan kurma dari yang murah hingga yang mahal termasuk kurma Azwa, kurma yang konon dimakan oleh Rasulullah SAW dan memiliki khasiat menghilangkan sihir. Di sini kami membeli buah Tin (buah yang ada di di Al-Quran), coklat (yang harganya 1 Kg 30 Riyal), dan kismis  segar. Di luar toko kami minum teh yang menurut saya rasanya agak aneh (entah namanya apa) sambil duduk-duduk sejenak melihat pemandangan kebun kurma, untuk pertama kalinya saya melihat langsung dan memegang pohon kurma.😀

Setelah itu kunjungan dilakukan ke bukit Uhud. Bukit dimana saat perang ini terjadi pihak dari kaum muslimin kalah diakibatkan karena mereka tertarik dengan harta rampasan. Selain itu, ditempat itu pula Rasulullah kehilangan paman tercintanya, Hamzah. Disana, kami juga berdoa untuk para pejuang yang telah syahid di perang tersebut, semoga kelak kami pun dapat mengikuti jejak mereka untuk mati dalam keadaan syahid meskipun tidak melalui jalan perang seperti yang telah beliau-beliau lakukan. Amin.

Perjalanan terakhir kami adalah menuju ke Masjid Qiblatain. Masjid yang memiliki dua kiblat. Di masjid tersebut, saat Rasulullah SAW memperoleh wahyu untuk merubah qiblat dari Masjidil Aqsa  yang ada di Palestina ke Masjidil Haram yang ada di Mekkah. Sejak saat itu qiblat sholat adalah ka’bah di Masjidil Haram hingga akhir zaman.

Sepulangnya dari jalan-jalan, kami kembali ke hotel dan bersiap-siap untuk sholat Jumat. Kemudian pulang untuk makan siang dan kembali lagi untuk bersiap sholat Ashar berjama’ah. Hari ini saya memperoleh pengalaman yang mengesankan. Saat berwudhu sebelum sholat Ashar gelang tasbih saya ketinggalan di tempat wudhu. Jadi, saya mempunyai gelang batu dari kalimantan yang jumlah bijinya 33, sehingga bisa dipakai untuk bertabih dan selalu saya pakai di lengan kanan saya sejak saya berangkat untuk menemani saya berdzikir dimanapun dan kapanpun. Saya baru menyadari bahwa gelang saya tersebut tertinggal saat saya sudah berada di dalam Masjid Nabawi dan bersiap sholat Ashar. Bagi saya saat itu, saya cukup kehilangan, tapi belakangan sebelum sholat saya berjanji pada diri saya sendiri bahwa apapun yang terjadi saat saya kembali ke tempat wudhu nanti saya ikhlas jika gelang tasbih tersebut harus berpindanh tangan ke jamaah lain, dan semoga bisa menjadi bagian dari amal saya ketika gelang tersebut dipakai.  Subhanallah, saat kembali ke tempat wudhu tersebut ternyata gelang tersebut masih tergeletak di posisi semula. Tidak ada orang yang berani mengambil barang milik orang lain di tanah Arab Saudi ini. Bukan hanya karena syariat islam yang berlaku di sini, tapi sungguh segala yang kita bicarakan, lakukan, dan amalkan akan dibayar tunai oleh Allah. Saya sampai meneteskan air mata saat memakai tasbih itu kembali ke pergelangan tangan saya dan kembali masuk ke masjid untuk menunggu sholat maghrib. Maha suci Allah yang menciptakan sebaik-baik aturan. Hukum qisas (potong tangan) memang hukum yang keras, tapi itulah yang akan membuat orang lain berpikir berkali-kali untuk mengambil barang milik orang lain ataupun yang bukan haknya ^_^ .

Demikian cerita hari ini, sampai jumpa di cerita berikutnya.. ^_^

Comments
  1. Masno says:

terima kasih atas postingannya tentang kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Madinah yang telah banyak memberikan inspirasi.