Setelah Penantian 3 tahun dan Jadi yang Termuda #1

Posted: January 8, 2012 in Uncategorized
Tags:

Hari ini merupakan hari yang dinanti. Bagiku adalah tiga tahun. Tapi bagi mama, ini adalah penantian sekian belas tahun. Setelah di adzankan di depan rumah yang menyisakan haru bagiku dan tetangga serta beberapa keluarga yang secara terencana datang untuk mengantar. Dua mobil meluncur ke padepokan Kabupaten Sidoarjo. Setiap jemaah calon haji diberi 1 sticker mobil untuk masuk ke area pelepasan haji. Oleh karena aku dan mama mendapat masing-masing satu sticker, kami bisa membawa keluarga dekat dengan 2 mobil.

 Sesampainya di padepokan, hanya calon jemaah haji yang boleh masuk. Itulah waktu terakhir kami berdua berpamitan dengan keluarga (dan menangis lagi… terutama mbah kung…). Belum selesai saya mengisi absen, tiba-tiba nama saya disebut di dalam. Hm,ada apa ya? ternyata setelah saya temui panitia pelepasan, saya adalah jamaah termuda tahun ini (23 tahun) dan yang tertua pun dari KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) saya pula (83 tahun). Akhirnya saya mendapat kursi terdepan dan ditengah-tengah acara saya dipanggil maju untuk mewakili pelepasan bersama dengan ketua DPRD Sidoarjo, Wakil Bupati Sidoarjo, Kepala Departemen Agama Sidoarjo, dan yang lainnya saya lupa siapa (ups, maaf ya bapak-bapak…). Setelah pelepasan kami bergerak menuju bus masing-masing untuk berangakat menuju Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.  

Sampai di Aula An-Nahl keanehan kedua muncul kembali. Saya tiba-tiba dipanggil menuju ruang kesehatan untuk periksa urin. Ternyata saat saya keluar dan menemui petugas kesehatan saya tanya untuk apa urin saya dan jawaban yang mengejutkan adalah “untuk tes kehamilan mba, siapa tau mba ngga sadar kalo hamil”..he??? “bu, saya ini belum menikah…-_-” kemudian si bidan menjawab,”di buku kesehatan tertulis kawin tuh”–>gubrak. Setelah prosesi yang aneh itu, saya menuju ke ruangan lain untuk mengambil gelang pasport, obat-obatan ringan, dan buku pasport. Setelah berjalan menuju ke kamar asrama saya lihat gelang saya salah tulis “Ummi Ditya Erliana”–> kenapa jadi nama kakak saya -__-” akhirnya saya berjalan sendiri menuju ke ruangan pembuatan gelang untuk menghapus dan mencetak ulang di gelang besi tersebut. Sampai di sana beberapa menit kemudian saya didatangi oleh ketua regu saya (H. Imam Syafi’i) dan ditegur karena sebagai wanita yang masih muda saya ceroboh karena berjalan sendirian di tempat asing “lain kali kamu harus minta ditemani ya, apalagi kamu tau disana rawan sekali”. Yah, saya maklum, itu bukti kepedulian beliau dan memang saya harus waspada. Usut punya usut ternyata gelang H.Imam salah tulis juga😄. Kantor pembuatan gelang tidak jauh dari asrama Bir Ali ada di Lt.4 (sapa tau dari kalian ada yang menyusul dan memiliki pengalaman salah tulis di gelang passport juga😉 ) dan tidak ada lift -_-“. Tulisan di gelang passport penting, karena selama kita di Arab Saudi kita hanya diberi copy lembar A passport 1 lembar yang ditaruh di tas pinggang bagian depan dan di gelang –> jadi harus tertulis dengan benar sesuai nama yang ada di buku passport.

Keanehan ketiga adalah saat malam dimana masing-masing dari kami harus menuliskan semua obat-obatan yang kami bawa di buku kesehatan pada suatu lembar yang terdapat bagian yang dipotong, ternyata lembaran punya saya tidak ada. Akhirnya ketua regu saya yang baik hati (H.Imam Syafi’i) harus ke dokter untuk meminta tanda tangan khusus untuk saya karena bagian yang harus di tanda tangani oleh dokter hilang        -_-“.

Yah, itulah kisah hari pertama saya sebelum keberangkatan haji esok hari. Setiap dari kami harus di karantina selama 1 hari di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, agar dapat mempersiapkan fisik keesokan harinya dalam perjalanan yang cukup memakan waktu lama (kurang lebih 10 jam). Demikian cerita hari pertama. Akan disambung dengan cerita berikutnya di waktu yang akan datang. Insya Allah…

Comments
  1. dr.dicky says:

    Great!!
    #menyimak
    #bentarlagiberangkat
    #dilemparsandalsamayangantri

Leave a Reply

