Asam Manis Nge Blog #19

Posted: August 22, 2011 in Journey of My Life, Uncategorized
Tags: , ,

Hai kawan-kawan blogger yang saya banggakan, kenapa saya bangga karena blogger adalah pekerjaan yang mulia. ^__^v Nah, latar belakang saya ngepost topik kali ini, karena saya ingin cerita latar belakang saya ngebuat blog ini sampai blog ini sudah dikunjungi lebih dari 3000 kali..senangnya…^_^. Mau tahu cerita lengkapnya? mari….

Blog ini di buat dengan berbagi latar belakang dan intervensi yang sungguh membuat hati dag dig dug. Bukan apa-apa, namun mereka yang menulis blog sebelum saya alias para pendahulu adalah orang-orang yang keren-keren dan terpandang.  Mereka bisa memberikan inspirasi dan tentunya mereka sudah membuktikanbahwa inspirasi itu tidak mengenal batas ras, agama, kelompok, gender atau apapun. Inspirasi pun bisa dibagikan dengan berbagai macam cara, ngga hanya lewat seminar, kuliah, aktivitas organisasi, atau aktivitas lainnya. Bahkan kita ngga perlu mengenal siapa yang kita bagi ilmu, bagi inspirasi, bagi hikmah, atau berbagi kebahagiaan. Apapun itu, aktivitas nge blog merupakan aktivitas yang non diskriminatif =) .

Dari latar belakang tersebut akhirnya saya mulai mencari-cari hosting dan domain blog apa yang pas. Akhirnya pilihan jatuh ke WordPress. Kenapa saya milih wordpress, karena fleksibel banget, bisa nambah  plugin, edit template sesuka hati, friendly user dan sebagainya.  ^_^

Selama punya blog, jujur awal-awal saya bingung menetapkan beberapa hal diantaranya:

1. Apakah saya akan memfokuskan blog saya pada suatu tema tertentu, misal, karena saya ahli gizi kemudian saya menulis tentang gizi dan kesehatan saja. Namun, pada kenyataannya saya merasa personal blog itu isinya adalah hal-hal yang bersifat personal dan membagi inspirasi dan itu bisa apa saja. Tidak terbatas pada tema-tema tertentu meskipun pada beberapa orang mengatakan bahwa personal branding pada suatu blog itu penting.

2. Apakah blog ini akan di update tiap minggu atau tiap beberapa waktu tertentu, atau saat tertentu tanpa harus dijadwalkan. Jadi kapan saja saat ada inspirasi muncul ya saya menulis.  Ada baiknya namun juga ada buruknya. Baiknya jika dijadwalkan seperti itu, kita secara disiplin menulis atau sengaja mencari-cari bahan menulis.  Dari sisi kurang baiknya adalah kita menulis kurang memakai feel, jadi pas ngga mood kemudian menulis kemungkinan besar kualitas tulisan kita kurang memiliki soul. Namun apapun itu, jelas menulis atau membagi inspirasi lewat tulisan adalah hal positif, baik ditulis secara terjadwal maupun insidental.

3. Tulisan saya mau copy paste atau original atau mau mix.

Berikutnya, ketika blog sudah maka kewajiban berikutnya adalah mengisinya. Ibarat baru nikah (kayak yang nulis udah nikah aja =p ) kemudian pindah ke rumah baru, awal-awal kita pasti semangat mengisi rumah kita tersebut dengan berbagai perlengkapan. Tentu saja sembari rajin menengok blog-blog tetangga alias blog walking. Sebagai pemula, itu adalah hal wajib agar kita tahu idealnya blog yang bagus itu seperti apa, hehehe. Oleh karena itu, adalah hal yang lumrah bagi blogger pemula  adalah  bolak balik ganti template, nambah atau ngurangin plugin dan aktivitas nge blog lainnya. Ini adalah aktivitas yang cukup menguras waktu dan kesabaran. Tantangan bagi blogger pemula, karena memang jika ini saja sudah membosakan maka menulis akan jadi hal yang sangat melelahkan. Tentu saja, kita ingin agar blog kita cantik, rapi, mudah dibaca oleh orang dengan latar belakang apapun, yah layaknya kita punya rumah. ^_^v

Hal yang menyenangkan buat seorang blogger adalah ketika blog stat alias suatu bagian yang mencerminkan jumlah pengunjung pada posting tertentu itu tinggi. Dengan kata lain banyak banget yang ngunjungin..apalagi ninggalin komen, walaupun hanya say hallo, karena itu bagian dari apresiasi bagi penulis (jadi mulai sekarang kalo ke sini tinggalin kesan dan pesan kalian ya ^_^ ).

Hal berikutnya yang menjadi tantangan seorang blogger adalah keistiqomahan atau kontinuitas dalam menulis. Terkadang kita capek atau sibuk sehingga blog kita jadi tidak terurus bahkan vakum hingga berbulan-bulan( baca: blogger murtad). Oleh karena itu, wajib bagi blogger untuk berkumpul dengan sesama blogger atau minimal blog walking ke blog sesama blogger lain agar terinspirasi dan tergerak kembali untuk menulis dengan soul. Dengan kita menulis hal-hal yang merupakan cerminan soul kita, maka tulisan yang kita bagikan lewat blog kita ini bisa lebih terasa ke hati para pembaca atau pengunjung.

Demikian asam manis nge blog versi saya, saya tunggu blog-blog inspirtif dari kawan-kawan semua…jangan sungkan untuk menulis yang bermanfaat karena ilmu itu setelah diperoleh wajib diberikan kepada orang lain walaupun itu adalah hal-hal yang dianggap sepele. Semoga bisa terus berbagi hikmah ya kawan-kawan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s