Menjaga Hati (MTGW)#7

Posted: May 1, 2011 in Journey of My Life
Tags: , , , ,

-Pikirkan dengan baik lalu lakukan dengan baik-

Itulah kalimat nasihat yang menjadi pembuka dalam acara Mario Teguh Golden Ways minggu ini. Judul kali ini adalah menjaga hati. Kenapa kita harus memelihara hati? karena dengan kita memelihara hati kita memelihara kehidupan.

Terkadang yang membuat hati kita galau adalah beban. Beberapa orang melihat beban itu dalam beberapa sisi. Yang pertama, untuk selamat dari kekurangan dan yang kedua mendamaikan hati. Beban digunakan sebagai selamat dari kekurangan seperti saat kita sedang kelaparan yang ingin segera makan dan kenyang. Sedangkan beban yang mendamaikan hati adalah seperti saat kita terbebani untuk menjadi lebih kaya baik kaya materi, kaya ilmu ataupun kaya yang lain agar bisa memberi lebih banyak kepada yang kekurangan. 

Segagah apapun orang itu, tidak pernah ada yang selalu hatinya tegar dan bersih, maka untuk menjaga hati perlu berada di lingkungan yang membuat kita memliki hati yang bersih. Dengan sering bergaul dengan orang yang hatiya tegar dan bersih maka kita akan terbiasa berhati tegar dan bersih.😉

Beberapa orang merasa kesulitan untuk menjaga kebahagiaan. Pikirkan dengan baik lalu lakukan dan disertai dengan ketegasan. Sebagian besar orang tidak tegas hingga Tuhan memaksanya dengan memberi krisis.

Orang yang disebut pemberani sebenarnya penakut. Meskipun takut terhadap sesuatu tapi ia tetap melaksanakannya karena ia memiliki iman. Orang yang menunggu semuanya siap berarti dia tidak beriman, karena tidak ada hal yang pasti di dunia ini.

-Orang yang sulit berbahagia rata-rata adalah orang yang sulit berbagi kebahagiaan –

Orang yang marah waktu dituduh  dibandingkan dengan orang yang senyum waktu dituduh dapat dipastikan kebersihan hatinya. Orang yang tersenyum ketika dituduh atau difitnah adalah orang-orang yang kuat adalah orang yang kuat terhadap berita. Orang yang mengeluhkan kualitas hidupnya harus memperbaiki anggapannya atau asumsi yang selalu dipikirkannya. Orang yang lari dari masalah akan terus dikejar masalah dimanapun dia pergi karena dia tidak naik ke kelas masalah lainnya dan menghadapi masalah yang sejenis terus menerus, padahal masalah seharusnya adalah untuk diselesaikan bukan dihindari. Tuhan tidak akan memberi masalah yang melebihi kelasnya.

Hindari mata dari yang melihat yang tidak baik. Hindarkan telinga dari suara orang yang bicara jelek. Maka hati akan bersih. Hati yang bersih akan berpendar cahaya kebaikan. Dengan hati yang berpendar kebaikan maka akan memancarkan pula tindakan kebaikan dalam dirinya karena hati adalah wajah jiwa.

Orang yang jiwanya baik maka hatinya  baik. Orang yang fokus pada diri sendiri  akan mudah sedih. Kebahagiaan tidak tumbuh dari kekuatan diri tapi juga bersyukur pada yang ada dan memberdayakan yang ada serta mencoba berbagi dengan orang lain terhadap apa yang ada pada diri sendiri. Kita harus melebihkan kebaikan pada orang lain. Tidak menggantungkan kehidupan pada kekuatan kekasaran sehingga bisa berbahagia hatinya.

Masa depan itu panjang. Potongan terdekatnya jam. Jangan menggunakan kemampuan sekarang untuk memikul beban masa depan. Berikan beban hari ini saja untuk diri kita sehingga kita bahagia.

Akurlah dengan kehidupan. Pilihlah reaksi baik terhadap apapun yang terjadi. Pilihlah suami/istri yang dapat akur dengan kehidupan kita. Pilihlah pekerjaan yang akur dengan kehidupan.

Memelihara hati bukalah sebuah tugas yang sulit. Itu harus dialami untuk masuk ke ke  stabilitas yang tinggi. Orang-orang yang kecepatan hidupanya lambat itu adalah orang-orang yang hanya memikirkan diri sendiri. Sebalikanya dengan orang-orang yang kkecepatan hidupnya lambat. Maka banyak-banyaklah berdoa pada Tuhan.Dengan begitu Tuhan memanggil kita dengan hati yang tenteram. Mintalah sebesar-besar kemampuan, sebesar-besarnya kewenangan untuk menjadi sebab bagi kebahagiaan sesama, untuk diberi kekuatan memberi lebih banyak pada sesama.

Selamat memelihara hati😉

Comments
  1. wandi says:

    rutin ya posting mario tegunhya..tax before

  2. Ihfazhillah says:

    dengan menjaga panca indra kita dari yang jelek, insyaAlloh hati akan berpendar cahaya… dan, dengan menjaga seluruh diri kita dari yang jelek serta mendekatkan diri kepada Alloh..
    ^^ , makasih telah berbagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s