Hari Malas Sedunia (HMS) #4

Posted: April 21, 2011 in Journey of My Life
Tags: , , ,

Pernahkah kawan-kawan mengalami hari yang paling membuat kawan-kawan malas untuk melakukan kegiatan yang rutin atau biasa kawan-kawan lakukan? Jika hal tersebut terjadi artinya kawan-kawan mengalami sindrom kelelahan kronik. Hal tersebut merupakan salah satu ciri. Masih ada ciri lain , yaitu mudah lelah, konsentrasi menurun, mengantuk, pusing, badan pegal, denyut nadi tidak teratur, susah tidur, sakit di dada, ketegangan di pundak, dan ketakutan tanpa alasan. Satu hal yang khas dari kelelahan kronik adalah kelelahan yang tidak akan hilang setelah tidur 6 jam atau lebih. 

Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan memperbaiki kualitas tidur, diet yang baik, olahraga teratur, paparan sinar matahari yang cukup dan obat antideperessan. Selain itu, dapat pula dilakukan dengan cognitive behaviour therapy, yaitu terapi memodifikasi kognisi dan perilaku.

Cara yang mudah untuk memodifikasi kognisi dan perilaku adalah dengan menetapkan HMS atau Hari Malas Sedunia🙂 . Apakah HMS itu? HMS adalah hari dimana kawan-kawan membebaskan diri sejenak dari kegiatan-kegiatan yang rutin kawan-kawan lakukan sehari-hari. Misal dengan melakukan liburan ke tempat-tempat tertentu yang menyenangkan dan bebas polusi, kemudian melakukan meditasi seperti yoga, melakukan hobi lama, berkunjung ke rumah kawan lama atau keluarga maupun pergi ke rumah ibadah dan mendengarkan ceramah agama yang dapat menyiram ketandusan suasana hati dan pikiran. Refresh your mind, body, soul😉

Hal yang menjadi penekanan disini adalah melakukan pekerjaan yang tidak biasa dilakukan sehari-hari. Terlepas dari apakah HMS akan diisi oleh sesuatu yang manfaat atau tidak, hal tersebut dapat disesuaikan dnegan niat awal kawan-kawan yaitu untuk menyegarkan kembali tubuh dan pikiran yang kemudian dapat berefek pada peningkatan produktifitas kerja. Namun, alangkah lebih baiknya jika segala yang kita lakukan selain bermanfaat untuk diri kita juga memberi manfaat untuk orang lain🙂 misalnya saja HMS diisi dengan mengajak keluarga bermain sehari bersama anak-anak yatim piatu, selain mengenalkan anak (buat yang sudah punya anak😉 ) untuk lebih berjiwa sosial juga dapat menambah kawan baru.

Tips untuk melakukan HMS dari saya🙂

1.  Tetapkan waktu yang tepat. Satu hari pun cukup untuk melakukannya asal waktunya tepat dan tidak mengganggu produktifitas dan kinerja kawan-kawan.

2. Buatlah daftar hal-hal yang kawan-kawan sukai. Mulai dari hal-hal yang sepele seperti menulis, mencoba makanan baru, jalan-jalan pagi, atau hal-hal lain yang benar-benar membuat kawan-kawan bahagia🙂

3. Ajak kawan dekat atau sanak keluarga yang dekat untuk melakukannya. Dengan demikian kawan-kawan akan lebih bersemangat untuk melakukannya. Sesuatu yang dilakukan berjamaah dipastikan memiliki efek yang berlipat ganda dibandingkan dilakukan sendiri🙂

4. Pastikan tetap menerapkan asas manfaat. Kebahagiaan adalah ketika bisa melakukan sesuatu diluar hal-hal yang biasa dilakukan dan memberikan dampak yang luar biasa tidak hanya untuk diri sendiri namun juga orang lain serta lingkungan.

5. Jangan memaksakan ke tempat yang terlalu jauh atau mahal jika tidak sesuai dengan kantong. Alih-alih merasa terhibur, beban utang akan memusingkan setelah  HMS.

6. Jangan terlalu lama. Selain bisa membuat banyak urusan terbengkalai, HMS terlalu lama bisa membuat bosan. Lamanya HMS ke luar kota bisa antara 1 hingga 3 hari. Selain itu, tubuh akan sulit beradaptasi untuk kembali melakukan rutinitas kerja alih-alih ingin peningkatan produktifitas dan kinerja malah yang diperoleh dapat sebaliknya🙂

Selamat ber HMS ria kawan-kawan dan tetap semangat!!! :) 

Comments
  1. Radit says:

    klo hr malas sedunia sy jatuh pada hari…. senin, selasa, rabu, kamis, jum’at, sabtu, ahad.
    cukup ga tuh bu dokter?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s