Sidang Tugas Akhir dan Makan-makan

Posted: July 22, 2010 in Journey of My Life
Tags: , , , , , ,

Kemarin, tanggal 21 Juli 2010, hari yang telah kutunggu-tunggu, akhirnya datang juga….

4 bulan melakukan penelitian plus penulisan atas tugas akhir yang berjudul

“Perbandingan Kadar GSH, Kadar GSSG, Rasio GSH/GSSG. dan Kadar Albumin pada Penderita Malaria Komplikasi dan Non Komplikasi”.

Diuji oleh 3 orang yaitu, Prof.Dr.dr.Teguh W.Sardjono, DTM&H,M.Sc,Sp.ParK, Dr.dr.Loeki Enggar Fitri, M.Kes, Sp.ParK, dan Widya Rahmawati S.Gz,M.Gizi.

Serasa mual, pagi itu aku berjalan dari kos dalam kondisi belum makan dan minum, meluncur ke indomart, beli aqua gelas, pulpy orang(buat 3 penguji), dan membawa 15 kotak Nasi Padang, diperberat dengan 1 map yang berisi print out journal yang terkait, dan 1 textbook Ilmu Penyakit Dalam FKUI, pagi itu keringat mengucur deras.

Sampai lab parasit 8.45, 15 menit sebelum ujian dimulai. Aku mulai menyiapakan laptop dan LCD, dibantu ma Pak Giyanto(Admin Lab.Parasit FKUB) . Aku tinggal beliau untuk meluncur ke lab Patologi Klinik FKUB, untuk mengambil map penilaian dan kotak kue penguji. Setelah itu kembali lagi ke Lab.Parasit, dan ternyata belum ada satupun penguji yang datang.

Duduk dengan nafas tersengal-sengal, aku mencoba minum air putih mineral botol, kemudian mengecek slide, lalu menelpon ketiga penguji ku. Syukurlah penguji ke III, bu widya, datang terlebih dulu. Kemudian diikuti oleh dr.Loeki, dan yang terakhir 10 menit kemudian Prof Teguh.

Ujian pun dimulai. Prof.Teguh membuka dan mempersilahkan diriku untuk mempresentasikan tugas akhirku. 15 menit berlalu, kemudian diikuti dengan season berikutnya yaitu tanya jawab (bagian yang paling memeras otak, hati, dan telinga).

Prof.Teguh memulainya dengan halaman pertama, latar belakang,  menurutnya ada satu paragraf yang kurang (okelah prof akan saya perbaiki) dalam hati saya, ini sudah dibaca sekian kali oleh dr.loeki dan  bu widya (menurutku latar belakangku baik2 saja.hahaha).

Kemudian ada gambar plasmodium falciparum yang tidak ada penjelasannya, yup, akan saya hapus di revisi nanti (daripada bingung2 ini bentuk fase apa =D).

Kemudian daftar pustaka, yah ada yang ketinggalan aku cantumin (OMG, padahal kemaren dah kuteliti, masih ada aja …=(  ), dan kemudian pembahasan…agak sedikit ngayal, semua grafik di suruh jadikan satu, aku bingung, kemudian dr.Loeki menambahkan, dan sepertinya Prof.Teguh bisa menerimanya…syukurlah…gak ngebayangin ya apa cara buatnya.

Pertanyaan terakhir yang paling seru dan emang bidangnya beliau, ethical clearence. “Kamu ini ngambil darah manusia kan?”, serasa ada halilintar di belakang ku <lebay….=D>, masalahnya yang ngambil darah itu dokter di banjarmasin (untuk penderita malaria non komplikasi), dan dokter dari RSSA Malang dari dep.ilmu penyakit dalam, mana gw ngarti…untungnya dr.Loeki menjelaskan bahwa ini proyek bla..bla..bla..akhirnya Prof.Teguh takluk…hore..<apa coba>

Pertanyaan berikutnya adalah kesempatan untuk dr.loeki. Beliau cuma mengingatkan beberapa hal yang sudah beliau koreksi tapi lupa aku ganti seperti daftar pusataka <again> ada et, al itu gak boleh …kecuali di kepustakaan bab II. okeh. o,ya beberapa kalimat ada yang perlu di tambahkan dan alhamdulillah tidak ada pertanyaan dari beliau. Beliau memang bidadari bumi…=D

Dan yang terakhir adalah bu Widya. Bu Widya cuma nanya soal lamanya jarak antara seseorang terkena non komplikasi dan komplikasi pada malaria. Dan aku pun menjelaskan kemudian dilengkapi oleh dr.loeki <karena itu emang bidangnya beliau>.  Kemudian beliau mengusulkan untuk mengganti angka grafik yang sebaiknya dimulai dari angka 0 <waduh ya apa ya caranya , ntar belajar lagi deh>.

Selesai sudah kurang lebih 45 menit diskusi berlangsung <lama nya…..serasa seminggu…lebay….>

Aku disuruh keluar ruang seminar dan 5 menit kemudian di panggil oleh Prof.Teguh untuk masuk, dan dibacakan kelulusanku…Prof pun tersenyum dan menanyakan perasaanku <kayak habis menang award aja ^_^>. Satu kejadian lucu terakhir adalah pertanyaan dr.Loeki “ummu, masak sendiri???”, <what?gw gak pengen ya mereka keracunan pasca sidang, jawabannya, ya ngga lah wkwkwkw”>. Dr.Loeki ternyata tau kalo aku pernah kerja di Griya Gizi dan berhenti gitu deh,,,

Setelah acara selesai aku salim dengan bu widya <pengen tumpah deh air mata ku…..=(>

Kemudian nyerahin makanan kotak ke mba Heni dan pak Gi. Dr loeki memeluk ku …hwaaa dah pengen tumpah ni air mata dikasih selamat ma beliau…bidadari ku….dah kayak mama sendiri…hahaha…*mupeng.

Terus aku ke lab PK lagi buat nyerahin kotak Nasi Padang ke mba dan mas di admin TA dan eng ing eng…di sana ketemu temen2 seangkatanku…ada @kikianjz yang mau sidang juga trus Reni, Leta, Utik, dan sapa lagi ya satunya lupa aku… eh, Diah  ding. kata pertama yang keluar dai mulut mereka adalah “Ummu, kamu pucet bgt”,,,”o,ya”aku jawab <secara aku belum makan apa2 dari tadi pagi dan diinterogasi kayak tersangka #bill out bank century . Hahaha…>

Untung ada mereka, jadi aku bisa titip tas dan barangku yg buanyak coz aq harus ke Lab.Biomedik, tempatku ngelab. Terus ke Lab.Biomedik ngasih 4 kotak termasuk pak Mat, yang biasa liat aku mondar mandir di lab kayak setrikaan, hahaha, maaf pak membuat Anda pusing.

Dan gak lupa ke Mba Fitri di Lab Biokimia <ya ampun ceritanya aku ngelab di beberapa tempat nih..=D). Jadi lab yang ku jajah buat penelitian kemarin, Lab Biomedik, Lab sentral RSSA, lab Parasit, lab Biokimia <konsultannya gw culik sehari–>mba Fitri), dan Lab Patologi klinik buat ngurus2 admin TA.

Setelah itu, temanku Ima Maria sudah menunggu di lab.parasit, sengaja buat makan bareng nemenin kelulusan gw…hahaha…akhirnya kita makan nasi padang yang enak banget di kantinnya FKUB. Kejadian yang agak bikin laper banget tuh, Maria harus naro bahan penelitiaannya di lab.Biomedik dan aku nunggu di kantin sambil bengong, kayak nunggu kekasih yang tiada hadir, karena di meja dah dah 2 nasi kotak plus air sementara gw melongo celingak celinguk di kantin untuk sekitar 25 menitan , hiks…adik2 tingkat dan temen gw pasti bingung, “Ummu nih nunggu siapa sih, perasaan dia ngga da pacar deh”hahahaha….

Habis makan Maria nganter aku ke kosa ku naro “alat2 perang” dan ngambil helm buatmeluncur lagi ke rumah Meralda, karena kita kedatangan tamu dari FKUI. Ada Kki Kipon, Citra, Nuril, dan Nisa. Mereka semua mau ke Bromo dan mampir nginep semalem di rumah Meralda. Gilanya lagi, aku dan Maria akhirnya makan bakso malang lagi, bakso Damas. Hahaha. aku dan maria dapet jackpot makan enak deh hari ini…

Karen Maria harus ngelanjutin ngelabnya, so, kita hanya sempet ngobrol2 sambil makan bakso sekitar 15 menit dan balik ke rumah deh…

Hari ini, aq gak akan lupa seumur hidup. Kenangan yang membanggakan, menyenangkan, dan menengangkan yang gak akan dialami oleh orang yang gak ngerjain tugas akhir….

Terima Kasih atas rahmat Mu Allah ku sayang….

Comments
  1. Favian says:

    Selamat ya… buat Ummu Ditya H., S.Ked. <== bener gak?

    Welcome to the real world…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s