Tugas akhir alias Skripsi

Posted: July 20, 2010 in Journey of My Life

Sudah seminggu ini saya berkutat dengan tugas akhir alias skripsi…bukan apa-apa …memang tuntutannya harus cepet…kalo ngga bahaya…bayar uang SPP lagi, tu yang pertama…trus bisa telat lulus…trus telat ikut ujian khusus buat perbaikan nilai..telat yudisium…telat wisuda…telat cari kerja…naudzubillah..makanya nih, saya melakukan beberapa inovasi salah satunya mengurangi waktu tidur…sehari semalam saya ngga tidur dan hanya tidur sekitar 2 jam, setelah tilawah shubuh sekitar jam 5 gitu…semoga Allah melihat pekerjaan saya dan kesungguhan untuk segera menyelesaikan tugas akhir ini dengan tepat waktu dan dengan nilai yang memuaskan…amin…

Beberapa hal yang dapat saya petik hikmahnya ketika mengerjakan tugas akhir alias skripsi ini yang rada lama ngerjainya…:D

1. Topiknya baru…kebetulan ini adalah salah satu penelitian pohon dari salah satu dokter yang insya Allah bentar lagi bergelar Prof. Makanya ni penelitian masih jarang ada,  di internet jurnal-jurnal yang tersedia terbatas, kalo ngga ya gitu lah, bayar maksudnya.

2. Jurnal-jurnal yang ada ngga yang mirip yang pengen kita dapetin poin nya jarang banget tersedia…related with number one iki…hehehe

3. Dosen…tapi kebetulan saya tidak menemui masalah (mungkin ada teman2  yang merasa mempunyai masalah ini, silahkan angkat tangan)..kalau begitu caranya berarti trik yang harus temen2 jalanin adalah dengan mendekati dosen tersebut. Banyak ngobrol, curah pendapat, tukar pikiran, jadi tahu apa sih yang beliau inginkan….

4. Fasilitas. Maksudnya di sini seperti ngga da printer, gak da modem yang portable, atau gak punya laptop ato komputer sendiri… tapi alhamdulillah itu semua tidak terjadi pada saya (makasih ya ma…dah beliin modem walopun lemot, printer juga walopun rada suka rusak,  laptop jadul rada lemot, yang penting bisa dipake, hehehe). Bersyukur akan ditambah kan nikmatnya ma Allah…sapa tau ntar kerja dapet yang lebih bagus hehehe amin….

5. Semangat. Ni terjadi kalo keempat faktor diatas…alias faktor eksternal membuat faktor internal dalam diri jadi terpengaruh. Bikin bad mood kan kalo dosennya susah ditemuin, terus patah arang, ato internet connectionnya lambat, semaleman nungguin beberapa jurnal ngga keluar2 tu jurnal…nah ini harus ada yang ngimbangin alias men-support…kayak orang tua, sahabat, ato orang yang berpengaruhh (guru trainer saya, dr.Arief Alamsyah Nasution, MARS selalu menyindr soal skripsi yang ngga selese2..gimana gak pengen segera selese, malu dunk, masak bolak balik diingetin, hehehe)

6. Fokus…ini juga pengaruh eksternal…jadikan tugas akhir menjadi prioritas utama…fokus dulu…ntar keburu ngga lulus temen2 kamu dah lulus hayo….masak ngga ngiler n malu …hehehe..ni bisa jadi spirit tersendiri…saling menyemangati…supaya fokus ngerjain….kalo ngga fokus ntar bentar2 abis liat jurnal kudu ngerjain ini, kudu ke sana, kemari, kudu apalagi gitu…lupa deh tadi sampe mana…coz untuk ngerjain TA kudu dapet feel yang pas biar nulisnya tajam. begitu kawan.

Begitu sekilas mengenai tugas akhir alias skripsi…semoga yang sedang sama-sama mengerjakan jadi lebih semangat dan semoga tulisan ini bermanfaat buat temen-temen dan adik-adikku yang aku sayangi….

Arema,29 Juni 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s