What is Positve Psychology?What is happiness

Posted: July 10, 2010 in Happiness Course, Life Motivation
What is Positve Psychology?What is happiness
=================================================
Pertanyaan pertama untuk Anda: Kapan saat paling membaagiakan dalam hidup Anda? (silahkan diingat-ingat dan dijawab dalam hati =D )
Games : Silahkan ambil buku yang ukurannya sekitar kertas A4, lalu pegang buku itu seperti membaca teks UUD 1945 saat upacara jaman kita sekolah doloe…kemudian rasakanlah…berat apa gak?trus kalo kita pegang tu buku kita bisa ngga melakukan hal lain (ya iyalah gak bisa, kan tangannnya cuma 2, emang gurita punya tangan banyak ^^), nah itu artinya orang yang gak bisa ngelupain masa lalunya. Ia terlalu terikat dengan trauma2 masa lampau, atau masa kejayaan masa lampau…setebal apa atau separah apa trauma tersebut….tergantung sama seseorang tersebut…seberapa banyak dan seberapa lama trauma itu sudah bersarang di kepala orang tersebut. Selain itu, layaknya jumlah halaman dalam buku yang dipegang tadi, semakin tebal buku itu, semakin berat trauma orang tersebut.
Nah ini masuk ke materinya……
“Positive psychology is the science of human strength” (Martin Seligman, Phd)
Jadi dia tu menguatkan kita, memotivasi kita, mendorong kita, itulah positive psychology…
dan dalam dunia psikologi saat ini, itu lagi nge tren dan dinamakan…Calling alias panggilan hati….
Calling adalah…kta melakukan sesuatu sampai lupa waktu dan gak masalah kalo gak di bayar
Calling itu sebenarnya yang akan membawa kita menjadi orang besar pada bidang nya , apakah kita akan menjadi seorang ilmuwan, dokter, guru, jurnalis, atau yang lain-lain….(silahkan mengingat-ingat…apa yang paling bikin anda lupa waktu ^^)
Kemudian pertanyaan berikutnya
Am I happy???
Kalo sekarang baiknya tu pertanyaan diganti dengan How can I become happier?
kenapa?
Sebab, pertnyaan pertama menunjukkan suatu end of process, definabel point, atau termination of suit.
Jadi jika kita melakukan sesuatu sebaiknya kita pake pertanyaan kedua…sehingga ketika ditanya alasan kita melakukan sesuatu maka kita bisa menjadwa”becausa, I hope to happier than……(apa gitu)”
#The Principle of Happiness#
-Becoming happier is a lifelong pursuit”( Tai Ben-Shahar, Phd)
Jadi happy tu gak seperti cigarette model dimana pleasure nya cuma sesaat (present benefit/pleasure) but future detriment gitu…(ini bahasa apa coba.hehehe)
alias…berorientasi kenikmatan sekarang , dan tidak memikirkan masa depan.
Pertanyaan lagi……Di kuadran mana Anda menghabiskan waktu Anda?
1. Rat race
prnipnya : Busy…busy…busy…death….(ni orang kagak ada matinya…kerja terus ak da istirahatnya…)
o,ya keinget cerita Rasulullah SAW, ada seorang sahabat yang dia mau puasa terus2an, terus ada yang g mau nikah mau ibadah terus, nah ini nih jenis rat race geto….tapi itu gak baik…makanya langsung di nasihatin ma Rasul kita tercinta…bahwa beliau makhluk pilihan Allah tapi beliau ada waktunya puasa ada waktunya berbuka,dan beliau pun menikah ,,,yah gitu deh (maaf redaksionalnya belum saya cari nih…g papa ya….yang penting ngerti dulu aja deh..ntar tak update lagi….–>atau ada yang mau bantuin cari ni hadt lengkap…sip! )
2. The hedonism archetype
A hedonist seeks pleasure and avoid pain….
Jadi tipe ni orang tu pengen happy terus ngga mau berjuang alias ngeuarin setets keringat pun dalam hidupnya…padahal kita di design emang buat jadi pejuang tangguh geto…coba deh kalian bayangin…mama kita ngelahirin kita aja pake perjuangan alias meneteskan keringat, keluar darah, luka di sana sini (haduh, jadi inget stase obgyn…loe loe pada pasti langsung tobat deh kalo ngalamin hal yang sama kayak gue waktu ngeliat ibu mulai dari merintih amep melahirkan tu jabang bayi keluar dari V si ibu…temen gue yang se stase ja mau pingsan n g tahan pengen minta pulang…)…So, it means…kita emang kudu ngeluarin keringet dalam hidup kita itu sudah pasti…dan insya Allah beban hidup kta nggak mungkin dikasih lebih berat daripada yang kita jalanin so, be optimalized!
3. The nihilism archtype
Tipe orang yang sudah menyerah (resigned) dalam menggapai kebahagiaan….
Kalo tipe sebelumnya pengen bahagia teru tapi males berjuang ni dah menerah duluan…alias di dalam otaknya  tu madesu aja (masa depan suram *red)^^
Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya kontrol terhadap lingkungan (learned heplesness). Bisa juga karena keputusasaan yang tidak pernah terceritakan (quite desperation). Kalo bahasanya om Martin Seligman learened heplesness bisa disingkat dengan Ketidakberdayaan yang dipelajari.
4. The happiness archtype
Happiness = Pleasure + Meaning
Happiness is the overall experience of pleasure and meaning
Pleasure is about the experience of positive emotions.
Meaning is sense of purpose
Rujukan Al-qurannya : Al-Qasas (28) :77 , Ali Imran  (3) : 133-14, Al Anbiya : 35
Nah sebenerya abis part ini tuh ada tugas…ntar deh tak upload ke blog ku….silahkan download contoh kerjaan tugas ku deh….^^ di http://www.ummuditya.wodrpress.com ntar kalo dah tak upload tak upate dek sini koq…
Sampai di sini kita bisa menghancurkan beberapa mitos bahwa
Bahagia itu artinya tidak pernah sedih
Bahagia itu artinya tidak pernah sakit hati
Bahagia itu artinya bisa beli segalanya
Karena…bukan seeberapa banyak kita memiliki tetapi seberapa banyak yang bisa kita nikmati…
Contemplation
——————————–
# Setiap amal tergantung nit, setiap amal akan dibalas dengan apa yang diniatkannya (Al-Hadits)
# Kaitkan semunya dengan sebuah makna tertinggi (ultimate meaning) –> maksudnya Allah
# Sesuatu yang “mubah” bisa bernilai “ibadah” jika diniatkan buat ibadah  –>mubah kn tengah2, jadi klo niatnya bener bakal jadi ibadah…coz mubah tu dikatakan mubah karena ditakutkan kalo yang ngelakuin tu kagak bener ngerjainnya alias niatnya bakal dosa, makanya lebih baik dimubahkan gitu…
# Harus berani berkata “tidak” —>niat jahat tuh dipenrangi, setan tuh pasti ada dimana-mana………jadi begitu niat kita melenceng sedikit, balik lagi ke jalan yang lurus…”kamu pasti melakukan ini supaya dpuji…”setan….terus loe bilang deh “tidak!”…pas ditengah2 jalan mau ke masjid setan bilang “kamu sholat di masjid biar dikatain alim or rajin ibadah kan….” kamu bilang “tidak” kamu diajak nyontek pas ujian padahal kamu tadi malam dah belajar (ato belum)..n ada kesempatan….maka kamu katakan “tidak”
So, niat jahat….kudu diperangi tiap detik…namanya aja hati kadang naik dan turun…terbolak balik..makanya kudu selalu diperangi…(klo loe merasa loe lurus2 aja…ngayal aja loe…emang loe malaikat…)
KONSEP IMAM NAWAWI
——————————
Jadi supaya kita happy….hidup tuh dibagi jadi 3 bagian:
1. 1/3 waktu buat Tuhan –> Sholat, tilawah quran, dll
2. 1/3 Waktu untuk melayani umat –>Dakwah, aktivis, organisatoris, melayani umat (ex:nyembuhin orang sakit gratis buat paramedis)
3. 1/3 waktu buat diri sendiri –?Tidur, mandi, Olah raga, makan, rekreasi, kuliah dkk
Jadi coba ntar di tulis deh aktivitasmu sehari ngapain berapa lama terus di htung deh…dah seperti yang di atas belum proporsinya…(loe pasti malu deh klo ampe gak 1/3 buat Allah…)
Flow nya happy berdasarkan hasil rise tMinhalg Csikszentmihalyi (duh namanya angel)
–>bersatunya aksi dan kesadaran (ction&awareness are merged)
Challenge (+) sementara skill (-) akhirnya stress
Challenge (-) sementara skill  (+) akhirnya boring
Challenge (+) sementara kill (+) akhirnya enjoy alias happy
Kesimpulan
==========
Jadi happy tu perpaduan dari <b>MEANING+PLEASURE+STRENGTH</b>
o,ya buat beberapa hal yang kurang berkenan saya minta maaf sebesar-besarnya…tulisan ini bisa diedit..jadi kalo ada yang kurang or lebih, temen2 bisa komen deh…Terus formatnya masih kurang rapi karena nulisnya buru2, but it’s okay …yang penting temen2 ngerti dulu deh isinya….Tunggu edisi selanjutnya ya…
Happiness….for me, for you, for everyone….
It’s also available at http://www.ummuditya.wordpress.com ^_^

<big><b>What is Positve Psychology?What is happines</b></big>
=================================================
Pertanyaan pertama untuk Anda: Kapan saat paling membaagiakan dalam hidup Anda? (silahkan diingat-ingat dan dijawab dalam hati =D )
Games : Silahkan ambil buku yang ukurannya sekitar kertas A4, lalu pegang buku itu seperti membaca teks UUD 1945 saat upacara jaman kita sekolah doloe…kemudian rasakanlah…berat apa gak?trus kalo kita pegang tu buku kita bisa ngga melakukan hal lain (ya iyalah gak bisa, kan tangannnya cuma 2, emang gurita punya tangan banyak ^^), nah itu artinya orang yang gak bisa ngelupain masa lalunya. Ia terlalu terikat dengan trauma2 masa lampau, atau masa kejayaan masa lampau…setebal apa atau separah apa trauma tersebut….tergantung sama seseorang tersebut…seberapa banyak dan seberapa lama trauma itu sudah bersarang di kepala orang tersebut. Selain itu, layaknya jumlah halaman dalam buku yang dipegang tadi, semakin tebal buku itu, semakin berat trauma orang tersebut.
Nah ini masuk ke materinya……
“Positive psychology is the science of human strength” (Martin Seligman, Phd)
Jadi dia tu menguatkan kita, memotivasi kita, mendorong kita, itulah positive psychology…
dan dalam dunia psikologi saat ini, itu lagi nge tren dan dinamakan…Calling alias panggilan hati….
Calling adalah…kta melakukan sesuatu sampai lupa waktu dan gak masalah kalo gak di bayar
Calling itu sebenarnya yang akan membawa kita menjadi orang besar pada bidang nya , apakah kita akan menjadi seorang ilmuwan, dokter, guru, jurnalis, atau yang lain-lain….(silahkan mengingat-ingat…apa yang paling bikin anda lupa waktu ^^)
Kemudian pertanyaan berikutnyaAm I happy???
Kalo sekarang baiknya tu pertanyaan diganti dengan How can I become happier?kenapa?Sebab, pertnyaan pertama menunjukkan suatu end of process, definabel point, atau termination of suit.Jadi jika kita melakukan sesuatu sebaiknya kita pake pertanyaan kedua…sehingga ketika ditanya alasan kita melakukan sesuatu maka kita bisa menjadwa”becausa, I hope to happier than……(apa gitu)”

#The Principle of Happiness#-Becoming happier is a lifelong pursuit”( Tai Ben-Shahar, Phd)
Jadi happy tu gak seperti cigarette model dimana pleasure nya cuma sesaat (present benefit/pleasure) but future detriment gitu…(ini bahasa apa coba.hehehe)alias…berorientasi kenikmatan sekarang , dan tidak memikirkan masa depan.
Pertanyaan lagi……Di kuadran mana Anda menghabiskan waktu Anda?1. Rat raceprnipnya : Busy…busy…busy…death….(ni orang kagak ada matinya…kerja terus ak da istirahatnya…)o,ya keinget cerita Rasulullah SAW, ada seorang sahabat yang dia mau puasa terus2an, terus ada yang g mau nikah mau ibadah terus, nah ini nih jenis rat race geto….tapi itu gak baik…makanya langsung di nasihatin ma Rasul kita tercinta…bahwa beliau makhluk pilihan Allah tapi beliau ada waktunya puasa ada waktunya berbuka,dan beliau pun menikah ,,,yah gitu deh (maaf redaksionalnya belum saya cari nih…g papa ya….yang penting ngerti dulu aja deh..ntar tak update lagi….–>atau ada yang mau bantuin cari ni hadt lengkap…sip! )
2. The hedonism archetypeA hedonist seeks pleasure and avoid pain….Jadi tipe ni orang tu pengen happy terus ngga mau berjuang alias ngeuarin setets keringat pun dalam hidupnya…padahal kita di design emang buat jadi pejuang tangguh geto…coba deh kalian bayangin…mama kita ngelahirin kita aja pake perjuangan alias meneteskan keringat, keluar darah, luka di sana sini (haduh, jadi inget stase obgyn…loe loe pada pasti langsung tobat deh kalo ngalamin hal yang sama kayak gue waktu ngeliat ibu mulai dari merintih amep melahirkan tu jabang bayi keluar dari V si ibu…temen gue yang se stase ja mau pingsan n g tahan pengen minta pulang…)…So, it means…kita emang kudu ngeluarin keringet dalam hidup kita itu sudah pasti…dan insya Allah beban hidup kta nggak mungkin dikasih lebih berat daripada yang kita jalanin so, be optimalized!
3. The nihilism archtypeTipe orang yang sudah menyerah (resigned) dalam menggapai kebahagiaan….Kalo tipe sebelumnya pengen bahagia teru tapi males berjuang ni dah menerah duluan…alias di dalam otaknya  tu madesu aja (masa depan suram *red)^^Hal ini bisa disebabkan karena kurangnya kontrol terhadap lingkungan (learned heplesness). Bisa juga karena keputusasaan yang tidak pernah terceritakan (quite desperation). Kalo bahasanya om Martin Seligman learened heplesness bisa disingkat dengan Ketidakberdayaan yang dipelajari. 4. The happiness archtypeHappiness = Pleasure + MeaningHappiness is the overall experience of pleasure and meaningPleasure is about the experience of positive emotions.Meaning is sense of purpose
Rujukan Al-qurannya : Al-Qasas (28) :77 , Ali Imran  (3) : 133-14, Al Anbiya : 35
Nah sebenerya abis part ini tuh ada tugas…ntar deh tak upload ke blog ku….silahkan download contoh kerjaan tugas ku deh….^^ di http://www.ummuditya.wodrpress.com ntar kalo dah tak upload tak upate dek sini koq…
Sampai di sini kita bisa menghancurkan beberapa mitos bahwaBahagia itu artinya tidak pernah sedihBahagia itu artinya tidak pernah sakit hatiBahagia itu artinya bisa beli segalanya
Karena…bukan seeberapa banyak kita memiliki tetapi seberapa banyak yang bisa kita nikmati…
Contemplation——————————–# Setiap amal tergantung nit, setiap amal akan dibalas dengan apa yang diniatkannya (Al-Hadits)# Kaitkan semunya dengan sebuah makna tertinggi (ultimate meaning) –> maksudnya Allah # Sesuatu yang “mubah” bisa bernilai “ibadah” jika diniatkan buat ibadah  –>mubah kn tengah2, jadi klo niatnya bener bakal jadi ibadah…coz mubah tu dikatakan mubah karena ditakutkan kalo yang ngelakuin tu kagak bener ngerjainnya alias niatnya bakal dosa, makanya lebih baik dimubahkan gitu…# Harus berani berkata “tidak” —>niat jahat tuh dipenrangi, setan tuh pasti ada dimana-mana………jadi begitu niat kita melenceng sedikit, balik lagi ke jalan yang lurus…”kamu pasti melakukan ini supaya dpuji…”setan….terus loe bilang deh “tidak!”…pas ditengah2 jalan mau ke masjid setan bilang “kamu sholat di masjid biar dikatain alim or rajin ibadah kan….” kamu bilang “tidak” kamu diajak nyontek pas ujian padahal kamu tadi malam dah belajar (ato belum)..n ada kesempatan….maka kamu katakan “tidak”
So, niat jahat….kudu diperangi tiap detik…namanya aja hati kadang naik dan turun…terbolak balik..makanya kudu selalu diperangi…(klo loe merasa loe lurus2 aja…ngayal aja loe…emang loe malaikat…)
KONSEP IMAM NAWAWI——————————
Jadi supaya kita happy….hidup tuh dibagi jadi 3 bagian:1. 1/3 waktu buat Tuhan –> Sholat, tilawah quran, dll2. 1/3 Waktu untuk melayani umat –>Dakwah, aktivis, organisatoris, melayani umat (ex:nyembuhin orang sakit gratis buat paramedis)3. 1/3 waktu buat diri sendiri –?Tidur, mandi, Olah raga, makan, rekreasi, kuliah dkk
Jadi coba ntar di tulis deh aktivitasmu sehari ngapain berapa lama terus di htung deh…dah seperti yang di atas belum proporsinya…(loe pasti malu deh klo ampe gak 1/3 buat Allah…)
Flow nya happy berdasarkan hasil rise tMinhalg Csikszentmihalyi (duh namanya angel)–>bersatunya aksi dan kesadaran (ction&awareness are merged)Challenge (+) sementara skill (-) akhirnya stressChallenge (-) sementara skill  (+) akhirnya boringChallenge (+) sementara kill (+) akhirnya enjoy alias happy
Kesimpulan==========
Jadi happy tu perpaduan dari <b>MEANING+PLEASURE+STRENGTH</b>
o,ya buat beberapa hal yang kurang berkenan saya minta maaf sebesar-besarnya…tulisan ini bisa diedit..jadi kalo ada yang kurang or lebih, temen2 bisa komen deh…Terus formatnya masih kurang rapi karena nulisnya buru2, but it’s okay …yang penting temen2 ngerti dulu deh isinya….Tunggu edisi selanjutnya ya…

Happiness….for me, for you, for everyone….

It’s also available at http://www.ummuditya.wordpress.com ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s